alexametrics
28.4 C
Manado
Jumat, 17 September 2021
spot_img

Faskes Wajib Daftar di Aplikasi Inakes, Thungary: Agar Bisa Diproses Pembayaran Insentif

MANADOPOST.ID – Pembayaran insentif untuk para tenaga kesehatan (nakes) terjadi perbedaan dengan tahun lalu. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Sangihe Dr Jopy Thungari MKes  menuturkan, jika sebelumnya harus berdasarkan laporan dari puskesmas yang nantinya dimasukan ke Dinkes untuk pencairan, kali ini tak sama.

Seluruh fasilitas kesehatan (faskes) harus mendaftar di aplikasi online Inakes. “Kan di pusat sudah punya data kasus konfirmasi dari kecamatan mana saja, sehingga langsung terbaca dalam aplikasi. Selain itu juga puskesmas harus memasukan beberapa dokumen pendukung untuk pencairan inakes (insentif nakes) seperti nama nakes dan lain sebagainya,” kata dia.

Jika sudah lengkap, Thungari melanjutkan, faskes bisa print out lembar disposisi semacam rekomendasi, untuk dapat dilakukan pembayaran. “Ketika sudah lengkap berkas, masukan ke Dinkes kemudian diproses untuk pembayaran insentif,” sambung Thungari.

Disentil terkait jumlah insentif yang akan diterima, Kadis membeberkan satu nakes mendapat Rp5 juta. Sehingga saat ini, selaku dinas teknis, mendorong serta membantu faskes untuk secepatnya melengkapi berkas.

“Saat ini memang kendalanya dalam penginputan data. Sehingga tim verifikator kami terus membantu fasilitas kesehatan dalam melakukan penginputan data di Dinas Kesehatan Daerah Sangihe,” pungkasnya. (sriwani)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru