25 C
Manado
Kamis, 6 Mei 2021
spot_img

Bos Daerah Geografis Khusus Masuk Sangihe 

MANADOPOST.ID — Sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kepulauan Sangihe mendapat dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) daerah geografis khusus. Hal ini dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Daerah Sangihe Djoli Mandak.

“Ini merupakan kebijakan dari Kementerian Pendidikan, sehingga sebagian besar sekolah di Sangihe menerima dana BOS daerah geografis khusus,” kata Mandak.

Lanjut dia, dana BOS daerah geografis khusus diberikan kepada sekolah dengan jumlah siswa kurang dari 60 orang. “Sekolah yang masuk dalam daerah geografis khusus sekalipun jumlah siswanya kurang dari 60 orang tapi mereka tetap menerima dana untuk 60 siswa,” ungkapnya.

Dana BOS tahun 2021 ini kata Kadis, untuk siswa SD naik dari Rp900.000 menjadi Rp1.200.000. Dan untuk siswa SMP juga naik dari Rp1.100.000 menjadi Rp1.550.000. “Hanya sekolah yang ada di kota Tahuna dan sekolah yang ada di ibukota kecamatan yang tidak mendapat dana BOS daerah geografis khusus, selain itu dapat,” beber Mandak.

Dia menambahkan, Dana BOS tahap pertama sudah mulai di cairkan oleh sekolah penerima sebanyak 30 persen dari jumlah dana dalam satu tahun. “Pencairan dana BOS dibagi dalam tiga tahap dengan perincian, tahap pertama 30 persen kemudian 40 persen serta 30 persen, ” pungkas Kadis. (wan/ewa)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru