28 C
Manado
Kamis, 3 Desember 2020

Waspada, Tahuna Sudah Transmisi Lokal Covid-19

MANADOPOST.ID—Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Sangihe Jopy Thungari, meminta masyarakat Sangihe tetap tertib mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

“Kami minta semua warga masyarakat agar tetap tertib dalam mematuhi protokol kesehatan,” kata Thungari.

Menurut dia, kasus positif Covid-19 saat ini kembali bertambah di Sangihe, sesuai informasi yang diterima dari Satuan Tugas Provinsi. Dua kasus positif Covid-19 tersebut dicatat sebagai pasien 32 dan 33.

“Pasien 32 adalah seorang pria 28 tahun Kecamatan Tahuna. Pemeriksaan swab dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2020 di Manado. Saat ini yang bersangkutan menjalani isolasi di RS R.W. Monginsidi Manado dengan gejala kehilangan penciuman bau,” jelasnya.

Sedangkan pasien 33 lanjut dia adalah seorang perempuan usia 34 tahun dari Kecamatan Tahuna Timur. Yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan dan tidak memiliki gejala atau keluhan, saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

“Dengan kondisi seperti ini, berarti di Kabupaten Sangihe, khususnya di Tahuna, sudah ada transmisi lokal penyebaran Covid-19,” jelasnya.

“Masyarakat harus tetap waspada dengan menjaga diri sendiri agar tidak terjangkit oleh Covid-19 dengan lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan,” sambung Thungari.

Dia juga menambahkan, saat ini pihak gugus tugas sementara mempersiapkan vaksin untuk memutus rantai penularan Covid-19 masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Jadi tinggal menunggu perintah dari provinsi. Intinya kami sementara menyiapkannya,” pungkasnya. (wan/ite)

-

Artikel Terbaru

Lakalantas di Sangihe: 8 Warga Meninggal, 58 Luka Berat, 79 Luka Ringan

Jumlah kasus kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di masa pandemi Covid-19 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan data Satlantas Polres Sangihe selang Tahun 2020 hingga Oktober, tercatat sudah ada 104 kasus.

Kawangkoan Utara Perdana Terapkan STBM

MANADOPOST.ID--Guna mewujudkan masyarakat yang sehat, upaya terus dilakukan pemerintah kabupaten hingga di kecamatan dan desa. Hal itu terbukti dengan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang menjadi salah satu atensi pemerintah Kabupaten Minahasa.

Diapresiasi Tim Kedeputian Kantor Staf Presiden, Ini Kesiapan Polda Sulut Kawal Pilkada Serentak

Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra memaparkan kesiapan Polda Sulut dalam melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020. Kesiapan pengamanan tersebut dipaparkan Kapolda di hadapan Tim Kedeputian V Kantor Staf Presiden, yang melaksanakan kunjungan kerja di Polda Sulut, Kamis (3/12).

Kasus Covid Masih Bertambah, Ini Pesan Kapolda Panca Putra Hadapi Pilnataru

Polda Sulawesi Utara bersama TNI, Gugus Tugas Covid-19 Provinsi, KPU, Bawaslu, Tokoh Agama dan PHRI, sepakat terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kapolda Sulut: Saya Harap Anda Betul-betul Siap!

Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan tugas yang selama ini dilaksanakan oleh personel Polda Sulut dan seluruh jajaran.