30C
Manado
Rabu, 20 Januari 2021

Diguyur Hujan, Manganitu Selatan Terendam Banjir, Empat Titik Akses Jalan Longsor

MANADOPOST.ID—Akibat hujan seharian mengguyur Kabupaten Kepulauan Sangihe Senin (4/1), empat titik akses jalan longsor.

Diantaranya akses jalan Tahuna-Lenganeng tepatnya di Bowombaru Kelurahan Soataloara II Kecamatan Tahuna, akses jalan Tahuna-Manganitu, akses jalan Tahuna-Tamako tepatnya di Kampung Belengan Kecamatan Manganitu serta akses jalan Tahuna-Kendahe.

Selain akses jalan longsor, akibat hujan seharian Kampung Laine Kecamatan Manganitu Selatan terendam banjir setinggi paha orang dewasa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe Rivo Pudihang menjelaskan, hujan mengguyur Kabupaten Sangihe sejak Minggu (3/1) sehingga mengakibatkan longsor menutupi badan jalan.

“Bersyukur dengan bantuan TNI/Polri, saat ini akses jalan sudah berhasil dilalui. Dan untuk peristiwa longsor yang menutupi badan jalan di Kampung Belengan ini sudah dua kali terjadi sejak beberapa hari ini namun masih bisa diatasi atas partisipasi pemerintah, masyarakat Belengan yang didukung Babinsa Koramil 1301-04 Manganitu,” jelas Pudihang.

Sementara untuk bencana banjir di Kampung Laine, lanjut kaban, sudah terpantau dan pihaknya sudah melakukan koordinasi untuk penanganan bantuan untuk korban yang mengungsi. “Data jumlah pengungsi belum terinformasikan. Dan tidak ada korban jiwa dalam bencana ini,” ujar dia.

Dia pun mengingatkan semua masyarakat agar tetap mewaspadai adanya bencana alam banjir dan longsor akibat hujan. Masyarakat yang bermukim di wilayah aliran sungai agar tetap melihat situasi agar terhindar dari bencana.

Dan pengemudi kendaraan roda dua dan empat juga diminta waspada terhadap longsor dan pohon yang tumbang. “Informasikan secepatnya kepada aparat setempat bila terjadi bencana atau kecelakaan agar segera dilakukan penanganan oleh petugas,” kata Pudihang. (wan/ewa)

Artikel Terbaru