30C
Manado
Rabu, 20 Januari 2021

1227 Nakes Sangihe Akan Divaksin

MANADOPOST.ID—Pemberian vaksin tahap I di Kabupaten Kepulauan Sangihe akan diberikan untuk tenaga kesehatan (Nakes) yang terdiri dari dokter dan perawat di Sangihe.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Sangihe Jopy Thungari dikonfirmasi Minggu (10/1). Dia mengatakan, untuk total keseluruhan nakes di Sangihe mencapai 1227 orang.

Menurutnya, nakes mendapat prioritas diberi vaksin karena mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan COVID-19. “Vaksin sudah berada di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dan akan didistribusikan ke kabupaten dan kota,” kata dia.

Sebelum divaksin lanjutnya, akan ada penyaringan termasuk identifikasi calon dan pemeriksaan tekanan darah serta diwajibkan menjawab daftar pertanyaan yang akan diberikan.

“Pemberian vaksin ini akan dilakukan secara teliti sehingga perlu ada pemeriksaan bagi calon yang akan divaksin,” kata dia.

Namun demikian kata dia, diharapkan semua nakes dalam keadaan yang sehat sehingga pemberian vaksin dapat dilakukan. Disentil terkait nakes yang tidak ingin divaksin, Thungari menegaskan akan melakukan pendekatan.

Tetapi dirinya optimis bila semua nakes ingin divaksin. “Nantinya satu nakes akan mendapat 2x suntikan. Dan suntikan ke 2 harus 14 hari dari suntikan pertama,” jelas Thungari. (wan/ewa)

Artikel Terbaru