25 C
Manado
Kamis, 6 Agustus 2020

Bawa Ribuan Butir Obat Terlarang, Tiga Pemuda Diciduk

MANADOPOST.ID—Satuan Narkoba Polres Kepulauan berhasil menangkap tiga pemuda berinisial AK, RA dan RP. Kasat Narkoba Iptu Juknais Katiandagho mengatakan, dibekuknya tiga pemuda karena pembawa dan penjemput barang bukti berupa obat Trihexyphenidyl dari KM Barcelona I.

Kasat menjelaskan, dimana Kamis (9/7) di Pelabuhan Nusantara Tahuna, pukul 05.00 Wita, anggota satuan narkoba melakukan penyelidikan terhadap target orang yang disinyalir merupakan pemakai obat terlarang. Saat KM Barcelona I tiba, dua laki-laki yakni AK dan RA menjemput barang yang dibawa oleh lelaki berinisial RP.

“Setelah barang yang dititip itu diambil, AK dan RA turun dari kapal dan saat itu pula dilakukan penggerebekan oleh anggota satuan narkoba. Dan ditemukan di tangan kedua pemuda obat Trihexyphenidyl dengan jumlah kurang lebih 1.400 butir, yang saat ini sudah diamankan di satuan narkoba sebagai barang bukti,” jelas Kasat.

Lanjut dia, setelah dilakukan penyelidikan, obat tersebut dibawa oleh tersangka RP dari Bitung ke Pelabuhan Manado dan langsung ke Sangihe.
“Setelah dilakukan penyelidikan dan interogasi terhadap RP, ternyata pemilik dari barang itu lelaki inisial J yang saat ini berada di Lapas Bitung,” beber Katiandagho.

Ketiga pemuda yang membawa dan menjemput barbuk ini sambung kasat, akan dikenakan UU 36 /2009 tentang kesehatan dengan pasal 196, 197 tentang izin edar dan pasal 64 tentang tenaga kesehatan. Dengan hukuman penjara maksimal 10 tahun dan denda sebesar Rp 1 miliar.

“Kasus ini akan dilakukan pengembangan oleh anggota di lapangan dan besar kemungkinan ada tersangka yang lain di luar. Dan mereka disinyalir merupakan pemain lama, karena logikanya tidak mungkin dari Bitung bisa sampai di Sangihe,” kunci Katiandagho. (wan/ite)

-

Artikel Terbaru

Cek Data Pemilih, Kowaas: Nomor Bebas Pulsa

Pendataan pemilih menjadi hal krusial demi suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Jika Ada Kecurangan Pilkada, Soputan: Lapor di Aplikasi Gowaslu

Peran teknologi informasi turut mendukung pelaksanaan penyelenggaraan Pilkada.

OD Minta Kepala Daerah Sosialisasikan Gerakan Kibar Serentak Merah Putih

Gerakan Kibar Serentak Merah Putih oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) yang dimulai sejak 1-31 Agustus untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75 masih belum tersosialisasi dengan baik.

Airmadidi Banjir Bantuan SGR-PDM

Kepedulian Shintia Gelly Rumumpe (SGR) dan Petrus Defni Macarau (PDM) untuk warga Minahasa Utara (Minut) tak hanya isapan jempol semata. Mengawali bulan kemerdekaan, SGR dan PDM terus turun langsung membagikan bantuan untuk warga yang membutuhkan.

MEP Nahkodai Golkar Minsel

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Minsel resmi memiliki nahkoda baru. Seperti diketahui dalam Musyawarah Daerah (Musda) Golkar ke-IV, yang digelar pada Senin (3/8) kemarin, bertempat di Hotel Sutanraja Amurang, dr Michaela Elsiana Paruntu MARS atau yang akrab disapa MEP, resmi menahkodai Golkar Minsel.