23C
Manado
Minggu, 7 Maret 2021

Investor Austria Sasar Sangihe

MANADOPOST.ID—Pasca berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Sangihe pada Desember 2020 lalu, sekaligus melakukan studi awal dan peninjauan lokasi, Investor asal negara Austria PT Renewable Energy First (REE) dan PT Jasa Tirta Energy langsung merealisasikan tawaran kerja sama di bidang Energi Terbarukan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe.

Tawaran kerja sama itu terfasilitasi lewat pertemuan khusus antara Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana dengan kedua perusahaan dimaksud di Pondok Hijau Restaurant Manado baru-baru ini. Bupati menjelaskan, dalam pertemuan tersebut, kedua Perusahaan menyampaikan maksud tawaran kerjasama, dimana Kabupaten Kepulauan Sangihe diminta kesediaan sebagai tempat pembangunan project ini sekaligus mendapatkan saham, dimana hasilnya akan dijual ke PLN dengan harga yang jauh lebih murah dibanding dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel.

“Kedua Perusahaan telah melakukan studi awal dengan meninjau lokasi yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, dimana menurut mereka Kabupaten Sangihe yang paling memenuhi kriteria.

Sehingga project dapat didahulukan di Sangihe dari empat daerah lainnya yang menjadi prioritas. Biaya studi awal dan biaya untuk project ini akan didapat dari dana pinjaman 0% dari bank Austria,” jelas Gaghana.

Lanjut dia, Pemerintah Kabupaten Sangihe menyambut baik akan kerjasama yang ditawarkan ini. Menurut bupati, adanya keuntungan yang didapat dari project ini, yakni daerah memperoleh tambahan pendapatan, masyarakat mendapatkan sistem listrik yang lebih nyaman dan ramah lingkungan, masyarakat membayar listrik dengan lebih murah.

“Bukan saja daerah yang diuntungkan dalam project ini tetapi juga negara karena dapat melakukan penghematan biaya yang keluar akibat penggunaan solar dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel,” pungkas JEG.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Direktur PT Jasa Tirta Energi Ety Sulistiawaty, Tenaga Teknis PT Jasa Tirta Energi Bakhtiar Triatmaja, Mr Hans dari PT Renewable Energy First, Ketua Tim Penggerak PKK Dra Hermin Ririswati Katamsi dan anak Esterina Gaghana SH MSc sebagai Interpreter serta SKPD terkait. (wan/ewa)

Artikel Terbaru