30C
Manado
Rabu, 20 Januari 2021

Auditor Inspektorat Ikut Workshop Probity Audit

MANADOPOST.ID—Guna peningkatan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana SE ME membuka Workshop Probity Audit Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan APIP Inspektorat Daerah Kepulauan Sangihe.

Kegiatan digelar di Aula Nyiur Melambai Kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Utara, Jumat (11/12) kemarin.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada Inspektorat Kabupaten kepulauan Sangihe atas prakarsa positif dalam peningkatan kapabilitas APIP di daerah Kabupaten kepulauan Sangihe. Dia menjelaskan, probity diartikan sebagai integritas, kebenaran dan kejujuran.

“Konsep probity tidak hanya digunakan untuk mencegah terjadinya korupsi, tetapi juga untuk memastikan bahwa proses penyelenggaraan kegiatan sektor publik seperti proses pengadaan barang dan jasa, penjualan aset dan pemberian hibah dilaksanakan secara wajar, objektif, transparan dan akuntabel,” jelas Gaghana.

Diakuinya, Workshop Probity Audit sangatlah penting sehubungan dengan peningkatan kapabilitas APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Sangihe. Selain itu, juga untuk memperoleh keyakinan memadai bahwa pelaksanaan perencanaan pengadaan barang dan jasa telah diselesaikan sesuai dengan peraturan dan perundang undangan yang berlaku.

“Selain itu juga, sebagai pemenuhan salah satu unsur MLP KPK, APIP harus melakukan atau melaksanakan Probity Audit atas perencanaan barang dan jasa,” pungkas bupati.

Diketahui, kegiatan yang bekerjasama dengan BPKP ini, akan dilaksanakan selama dua hari yakni, Jumat (11/12) hingga Sabtu (12/12). Acara pembukaan dihadiri Kepala Perwakilan BPKP Sulut DR Setya Nugraha SE MIBA, Kepala Inspektorat Daerah Sangihe N R E Pande SH ME, Narasumber dan sejumlah Auditor Inspektorat Sangihe sebagai peserta. (wan/ite)

Artikel Terbaru