alexametrics
24.4 C
Manado
Sabtu, 29 Januari 2022
spot_img

Dua Rumah Pintar dan Tiga Kampung Bahari Lanal Tahuna Diresmikan

MANADOPOST.ID — Menuju Bakti TNI Angkatan Laut (AL) Tahun 2021, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tahuna melaksanakan kegiatan Peresmian 3 Kampung Bahari dan 2 Rumah Pintar Program Binpotmar Lanal Tahuna, Sabtu (11/12).

Diketahui, tiga kampung yang diresmikan sebagai kampung bahari masing-masing, Kampung Petta Timur, Simueng dan Rendingan. Serta dua rumah pintar yang dibangun Lanal Tahuna di dua lokasi diantaranya, rumah pintar Kampung Simueng dan Kampung Rendingan. Kegiatan peresmian dipusatkan di Kampung Rendingan Kecamatan Tabukan Tengah yang dihadiri Dansatgas Bakti TNI Angkatan Laut Kolonel Laut (P) MHD Sayuti Lubis SH MH.

Kadispotmaral dalam sambutannya yang dibawakan Danstgas Bakti TNI AL Kolonel Laut (P) MHD Sayuti Lubis SH MH menjelaskan, program dawilhanla pesisir merupakan program TNI AL yang dilaksanakan dispotmaral wilker Lantamal VIII- Lanal Tahuna ada tiga kampung yang merupakan daerah perbatasan strategis sekaligus daerah rawan masalah-masalah pertahanan dan keamanan negara.

“Karena itu, kampung ini sangat perlu untuk mendapat perhatian yang besar khususnya menyangkut pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi masyarakat dan keamanan,”ungkap Lubis.

Dia juga berharap, melalui penyelenggaraan dawilhanla pesisir, dapat turut serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Serta juga dapat mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan khususnya di wilayah perbatasan yang sulit dijangkau, melalui program-program masyarakat yang menitik beratkan pada upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di bidang maritim,” pungkas Danstgas Bakti TNI AL.

Sementara itu Bupati Kepulauan Sangihe melalui Sekkab Sangihe Melanchton Harry Wolff ST ME dalam sambutannya mengatakan, segala kegiatan yang dilaksanakan dalam bhakti TNI-AL tahun 2021, benar-benar menunjukkan sinergitas yang baik antara TNI-AL bersama-sama dengan Pemerintah dan masyarakat yang ada.

“Berbagai kegiatan yang dilaksanakan baik fisik maupun non fisik bagi masyarakat setempat, sangat menyentuh kebutuhan masyarakat yang ada. Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada TNI AL mulai dari pejabat pusat beserta jajaran yang hadir, serta kepada Danlanal Tahuna bersama seluruh jajaran atas terlaksananya program bakti TNI-AL ini,” ujar Wolff.

Beberapa kegiatan yang juga dilaksanakan dalam program ini meliputi renovasi interior dan perangkat rumpin, melengkapi buku-buku bacaan, renovasi gapura pintu masuk desa, pemberian sembako dan bantuan bibit rumput laut, serbuan vaksin, penyerahan bahan-bahan kotak umum 3 gereja dan renovasi satu perahu serta penyuluhan.

Turut hadir Wadansatgas Letkol Laut (E) Iwan Kusuma ST MM, Spotmaral Letkol Laut (P) Tu Bagus Budi W, Irjenal Letkol Mar R Gunawan, Sekretaris Satgas, sie Komsos Kapten Laut (T) Jermia Contatein T, Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin MTr Hanla, Dandim 1301 Sangihe Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin SIP MPol, Kajari Kepulauan Sangihe Eri Yulianto SH MH, Kapolres Kepulauan Sangihe AKBP Denny Tompunuh SIK, pejabat teknis Pemkab Sangihe, instansi teknis, Ketua Komisi I DPRD Sangihe Djamal Manopo, Perwira staff Lanal Tahuna dan Aparat Kampung. (sriwani)

spot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru