24.6 C
Manado
Jumat, 18 Juni 2021
spot_img

Hati-hati! Ribuan Produk Kedaluwarsa Masih Dijual, Kepala Loka POM Sangihe: Masyarakat Harus Teliti Membeli

MANADOPOST.ID – Saat melaksanakan Intensifikasi Pangawasan Pangan Khusus (IPPK) selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H, Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kepulauan Sangihe mendapatkan barang temuan sebanyak 2.572. Rinciannya, produk rusak sebanyak 42, produk Tanpa Izin Edar (TIE) 136 pcs dan produk kedaluwarsa 2.394 yang tersebar di wilayah Kabupaten Sangihe, Sitaro dan Talaud (Sastal).

Kepala Loka POM Sangihe Oktavianus Mamondol mengungkapkan, sebagai langkah pencegahan dan edukasi, pada dasarnya akan dilakukan kegiatan komunikasi, informasi, dan edukasi sosialiasasi Keamanan Obat dan Makanan secara rutin. Sasarannya, pelaku usaha, produsen obat dan makanan, maupun masyarakat umum. Termasuk optimalisasi kerja sama lintas sektor terkait peredaran pangan olahan yang Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK).

“Saya mengimbau, agar masyarakat dapat lebih teliti dalam membeli produk yang diperdagangkan. Dengan memperhatikan apakah kemasan pada produk tersebut dalam keadaan baik atau rusak, mengecek label dengan memperhatikan nama jenis, nama dagang, bahan bahan yang digunakan, logo halal, komposisi dan informasi lainnya,” tegas Mamondol.

Selain itu, Mamondol juga berpesan agar cek izin edar dengan memperhatikan nomor izin edar yang tertera dalam label. “Apakah berizin atau tidak, dan juga cek kedaluwarsa dengan melihat apakah pangan tersebut tidak melebihi tanggal batas,” sambung dia. (sriwani)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru