30 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Stafsus Kementan Dengar Keluhan Petani

MANADOPOST.ID—Kabupaten Kepulauan Sangihe mendapat kunjungan staf khusus (Stafsus) Kementerian Pertanian (Kementan). Kedatangan Stafsus ini tak lain untuk melihat dan mendengar langsung permasalahan pertanian yang ada di Sangihe.

“Dengan adanya kunjungan Stafsus Kementan tentu merupakan sesuatu yang sangat baik bagi kemajuan pembangunan pertanian di Kabupaten Sangihe. Tujuannya yakni melihat dan mendengar langsung pembangunan pertanian khususnya pertanian hortikultura dan pangan di kawasan perbatasan,” ujarnya, Selasa (17/11).

Dia juga mengatakan, dari hasil kunjungan yang dilakukan tadi ada beberapa persoalan  yang di temukan diantaranya kurangnya tenaga penyuluh petani.

“Setelah melihat itu memang banyak hal yang kurang dalam hal ketersediaan produksi terbatas dan sarana prasaran pertanian kemudian tapi juga berkembang terkait kurangnya tenaga penyuluh pertanian,” kata Pella.

“Memang yang menjadi kendala bagi teman-teman penyuluh dikarenakan wilayah kerja yang besar dimana dalam satu Kecamatan hanya di isi satu atau dua penyuluh pertanian sedangkan untuk saat ini saja semangat masyarakat untuk petani sangat tinggi,” sambungnya.

Dia juga mengatakan, sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) terkait permasalahan tersebut.

“Saya sudah melakukan koordinasi dengan Kepala BKPSDM dan ternyata untuk tahun depan ada formasi P3K untuk penyuluh pertanian dan itu nantinya akan kami fokuskan terhadap para tenaga honorer yang ada,” ujarnya.

Dia juga mengakui, ada juga kendala yang ditemui diantaranya terkait adanya serangan hama. Memang ada tiga tanam komoditi yang saat ini di fokuskan oleh Dinas Pertanian diantaranya cabai, tomat dan bawang merah. Namun karena curah hujan yang cukup tinggi saat ini sehingga tanaman cabai dan tomat diserang hama.

“Untuk itu, tadi pak Erick langsung menginstruksikan BTTP untuk menyediakan varietas yang tahan dengan kondisi saat ini dan varietas itu memang ada. Sehingga nantinya pihak BTTP akan terjun langsung untuk melakukan pelatihan terhadap petani terkait varietas baru tersebut. Penanganan ini baik dari penyuluhan hingga prakteknya bagaimana budidaya dan pengendalian hama serta penyakit,” tandasnya. (wan/ite)

-

Artikel Terbaru

Desa Wisata Candirejo Borobudur Tawarkan Sensasi Budaya Jawa

Salah satu desa wisata tradisional yang terkenal #DiIndonesiaAja adalah Desa Penglipuran, Bali. Nah, selain itu, masih banyak desa wisata tradisional lain, termasuk yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Bajeto 341 Lingkungan Solid Menangkan JGE-VB

Kekuatan pendukung dan simpatisan Pasangan Calon (Paslon) Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker, (JGE-VB) kian hari terus bertambah.

Pilih Mor, Rekaman Bersama Enda Ungu

Personel Band Ungu Franco Medjaya Kusumah atau akrab disapa Enda, menunjukkan keseriusannya memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP).

VAP – HR Merajai Pelosok Sulut

Sosok calon Gubernur Sulut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh yang selalu peduli masyarakat kecil, terus dicintai warga hingga di daerah pelosok di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

Perhatian-perhatian! Pintu Teater Dibuka 5 Desember

"Perhatian-perhatian. Pintu teater telah dibuka. Bagi Anda yang telah memiliki karcis dipersilahkan untuk memasuki ruangan teater…” Rindu dengar kalimat tersebut? Sebentar lagi rindu anda terobati.