28 C
Manado
Sabtu, 5 Desember 2020

Stok Bapok Sangihe Jelang Nataru Aman

MANADOPOST.ID—Stok bahan pokok (Bapok), di Kabupaten Kepulauan Sangihe masih cukup terpenuhi menjelang hari raya keagamaan hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Daerah Sangihe Fera Massora.

Dia menjelaskan, strategi Disperindag Sangihe dalam memperingati hari raya keagamaan khususnya hari raya Natal dan Tahun Baru, pihaknya akan menghitung terlebih dahulu stok barang pokok, barang penting dan barang lainnya.

“Yang pasti untuk stok yang ada saat ini cukup untuk ketersediaan. Jadi stok barang pokok, barang penting dan barang lainnya yang ada di Sangihe cukup banyak, bahkan hingga bulan Januari 2021. Apalagi ditunjang dengan adanya tol laut yang saat ini sudah maksimal, karena setiap 2 minggu masuk ke Sangihe yang sebelumnya hanya sekali dalam sebulan,” ujar Massora.

Lanjut Massora, seharusnya masyarakat harus bersyukur dengan adanya kapal tol laut yang dapat menunjang ketersediaan barang pokok.

Serta untuk harga beras itu ada pengurangan harga. “Kita juga bersyukur, karena ada penurunan harga beras, dari harga rata-rata semua jenis beras dari harga Rp12.500/Kg, yang sekarang turun Rp, 3.000 per sak,” sambungnya.

Menurut Massora, selama ini yang menjadi pangaruh turunnya harga karena adanya persaingan antar distributor.

“Pangaruh utama penurunan harga tersebut karena adanya persaingan antar distributor atau pengguna jasa tol laut. Karena pengguna tol laut dulunya masih sedikit, tapi sekarang sudah 99 persen pengusaha yang ada di Tahuna menggunakan jasa tol laut,” ungkap Massora.

Bahkan dia menambahkan, harga gula tidak mengalami kenaikan dari Harga Eceran Tertinggi (HET), yang mana beberapa bulan sebelumnya naik cukup tinggi berkisar Rp, 20.000/Kg.

Sementara untuk harga gula untuk saat ini yang ada pada distributor masih di HET yaitu Rp, 12.500/Kg, yang telah dikeluarkan oleh peraturan Menteri Perdagangan.

Tetapi kalau ditingkat pasar, baik pasar tradisional harga rata-rata Rp, 13.000/Kg hingga Rp,15.000/Kg,” tandasnya. (wan/ite)

-

Artikel Terbaru

Para Pelaku Pariwisata Berharap Pada Vaksin

MANADOPOST.ID- Kehadiran vaksin menjadi penting ketika angka positif COVID-19 menunjukkan penambahan kasus setiap hari. Angka-angka kasus positif yang terus bertambah ini tidak hanya terjadi di Indonesia

50 Persen ASN Mitra WFH

MANADOPOST.ID—Mulai pekan depan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Minahasa Tenggara (Mitra), akan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini dikatakan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) David Lalandos, Jumat (4/12).

Oknum Hukumtua Segera Ditahan Kejaksaan

MANADOPOST.ID—Oknum Hukum tua (Kumtua) Desa Malenos Baru, berinisial ST alias Sjeny dalam waktu dekat dipastikan ditahan dalam kasus dugaan penyalahgunaan Dana desa (Dandes).

Bertarung Nyawa, 40 Menit GSVL Dihantam Gelombang

MANADOPOST.ID-Cuaca buruk yang disertai dengan angin kencang dan gelombang tinggi selang 2 hari berturut-turut di kota Manado

DPR RI: Tarif Tol Manado-Bitung Mahal

MANADOPOST.ID—Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) melaksanakan agenda rutin tahunan dengan mengunjungi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (4/12).