25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Cuaca Ekstrem, SK Penundaan Keberangkatan Kapal Terbit

MANADOPOST.ID—Akibat cuaca buruk yang terjadi di perairan Kepulauan Sangihe, Kantor Unit Pelaksana Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna mengeluarkan surat keterangan menunda keberangkatan kapal.

Hal ini dibenarkan Kepala KUPP Kelas II Tahuna Mocodompis Muhaling. Dikonfirmasi harian ini Muhaling menjelaskan, SK tersebut dikeluarkan sejak 17 Januari 2021.

“Adapun kapal yang ditunda keberangkatan akibat cuaca buruk diantaranya, KM Baecelona II, KM Mercy Teratai, KM Sabuk Nusantara 70, KM Express Bahari 2E dan MT Michiko,” bebernya.

Lanjut dia, penundaan keberangkatan ini sesuai kondisi di lapangan dan informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). “Dan nanti akan diberangkatkan kembali setelah cuaca membaik,” tegas Muhaling.

Terpisah, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Naha Kabupaten Sangihe Sujatno menjelaskan, dari prakiraan BMKG saat ini kondisi gelombang di perairan Kepulauan Sangihe ada di kategori sedang yakni antara 1,25 – 2,5 meter, hal ini akan mengurangi kenyamanan penumpang.

“Dan memang saat ini KUPP Tahuna mengeluarkan surat keterangan menunda keberangkatan kapal, mengingat kapal tidak bisa sandar di Pelabuhan Tahuna dan Manado,” jelasnya. (wan/ewa)

Artikel Terbaru