28 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Berbandrol 11 M, Pipa Asbes 1978 di Sangihe Bakal Diganti

MANADOPOST.ID— Di tahun 2022 mendatang, usulan PDAM dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe terkait penggantian pipa distribusi PDAM yang sudah ada sejak 1978 ini, akan segera ditindaklanjuti.

Terbukti, belum lama ini, Tim dari Balai Prasarana Wilayah Provinsi Sulawesi Utara Kementerian PUPR RI menyambangi Kabupaten Sangihe untuk mensurvei Sarana Penyediaan Air Minum (SPAM) yang ada di Kelurahan Bungalawang sampai dengan Kelurahan Soataloara.

Konsultan Individual Balai Prasarana Wilayah Provinsi Sulawesi Utara Desmont FP Waney SSos ST, saat dikonfirmasi mengatakan, kedatangan timnya untuk memfollow up program yang ada hubungannya dengan SPAM di kelola PDAM Sangihe.

“Kami menindak lanjuti program usulan PDAM dan Pemkab Sangihe yakni rencana penggantian pipa distribusi PDAM yang sudah ada sejak 1978, dan sudah mengalami kebocoran yang secara teknis dapat mengganggu distribusi air dan dapat membuat air terkontaminasi,” jelasnya.

Waney menegaskan, program tersebut sudah pasti di usulkan untuk tahun 2022, jadi tinggal menunggu pemenuhan administrasi dan kriteria yang diisyaratkan kementrian PUPR.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya dan Bina Kontruksi Dinas Pekerjaan Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Kirimang mengatakan, kedatangan tim balai Prasarana Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, terkait rencana usulan pengembangan SPAM bungalawang, Dan ini sudah dialokasikan di tahun kemarin tapi karena ada refocusing anggaran maka ditata kembali di tahun 2022.

“Jadi, program ini bukan lagi usulan tetapi sudah final, dan direncanakan anggaran pengembangan SPAM yang bersumber dari APBN senilai Rp 11 miliar, dengan pekerjaan Penggantian pipa Asbes yang di bangun tahun 1978 dari bungalawang sampai dengan Tonggeng Hoade,” jelasnya.

Sementara itu Direktur PDAM Sangihe Novilius Tampi menjelaskan, dalam Proyek SPAM ini pihak PDAM hanya sebagai Penerima hasil pekerjaan. “Kami hanya sebagai pengelola, tetapi hal prinsip kami sudah penuhi seperti minat yang sudah ditandatangi oleh Bapak Bupati sebagai salah satu syarat penting dalam pelaksanaan proyek ini, dan kalau ada  persyaratan lain kami akan koordinasikan dengan instansi terkait,” tutupnya. (wan/ewa)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru