25 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Dihantam Gelombang Pasang, 10 Rumah Warga Rusak Berat

MANADOPOST.ID—Cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Kepulauan Sangihe beberapa hari terakhir ini, mengakibatkan bencana di sebagian wilayah.

Salah satu daerah yang terdampak cuaca ekstrem ini adalah Pulau Kalama Kecamatan Tatoareng. Di mana gelombang pasang menghantam puluhan rumah warga dan fasilitas umum.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Rivo Pudihang Ketika dikonfirmasi membenarkan bencana yang terjadi di Kampung Kalama, karena gelombang pasang yang terjadi pada Minggu (18/10).

“Bencana gelombang pasang setinggi 4 meter merusak pemukiman di Kampung Kalama Soa,” kata Pudihang.

Menurut dia, akibat hantaman gelombang pasang tersebut, puluhan rumah warga dan fasilitas umum rusak berat dan ringan serta sejumlah warga mengungsi.

“Ada 10 unit rumah warga rusak berat, 1 unit rumah rusak ringan dan 1 fasilitas umum berupa gereja rusak berat serta 11 Kepala Keluarga (KK) mengungsi, namun tidak ada korban jiwa dalam musibah ini,” kata Pudihang.

Dia pun meminta kewaspadaan masyarakat saat cuaca ekstrem ini. Masyarakat bermukim di pesisir pantai diminta tetap waspada. Dan yang melakukan perjalanan darat agar menghindari wilayah yang bisa menyebabkan longsor dan pohon tumbang.

“Demikian juga masyarakat yang bermukim di sekitar bantaran sungai dan lereng bukit supaya tetap waspada terhadap longsor dan ancaman banjir yang bisa terjadi setiap waktu,” ungkapnya.

Ditambahnya, BPBD terus melakukan pemantauan dan siap siagaan jika terjadi hal-hal yang buruk terkait keadaan cuaca saat ini.

“Koordinasi dengan instansi terkait tetap ada serta imbauan kepada masyarakat melalui media selalu dilakukan. Agar masyarakat memahami dan mewaspadai keadaan cuaca yang ada saat ini,” kunci Pudihang. (wan/ite)

-

Artikel Terbaru

DMR Resmi Wakil Ketua DPRD Minut

Kursi Wakil Ketua DPRD Minahasa Utara (Minut), resmi diduduki Daniel Mathew Rumumpe. DMR, sapaan akrab Rumumpe, menggantikan kakaknya Shintia Gelly Rumumpe (SGR) yang saat ini maju sebagai calon bupati Minut.

Zaman Kapolri Idham Azis, tidak Ada Anjak yang Habis Sekolah

Dalam Apel Kasatwil 2020 di Mabes Polri pada Rabu (25/11), Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan perihal pembinaan personel kepolisian. Ada hukuman dan penghargaan bagi anggotanya. Bahkan, seluruh personel Bhayangkara akan mendapatkan jabatan sesuai dengan kompetensi individu.

Perselisihan Dua Desa, Kapolres Turun Tangan

MANADOPOST.ID- Anak-anak muda di dua desa yakni Desa Tenga dan Desa Pakuure, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) belum lama ini sempat terjadi perselisihan.

Lansia 80 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai

MANADOPOST.ID--Desterina Talamuda (80), warga Kuma Kecamatan Essang Selatan, ditemukan tak bernyawa di Sungai Liumbarango.

Hadirkan Ketum GMNI, Liow Apresiasi Bedah Buku OD-SK

MANADOPOST.ID--Mahasiswa dan generasi milenial Sulut mengikuti Diskusi bedah buku ‘Moving Forward: Memahami Revolusi Mental dan Politics of Hope Dalam Kepemimpinan Aksi Nyata dan Tata Kelola Pemerintahan ODSK’ di Grand Puri Hotel Manado, Rabu (25/11).