26 C
Manado
Selasa, 24 November 2020

Gugus Tugas Sangihe Gencarkan Sosialisasi Penanganan Jenazah Covid-19

MANADOPOST.ID–Mengantisipasi terulangnya kejadian penolakan masyarakat terhadap pemakaman jenazah terkait Covid-19, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kepulauan Sangihe, melaksanakan sosialisasi di Kantor Kelurahan Panenekeng, Kecamatan Tahuna Barat.

Kepala Badan (Kahan) Kesbangpol Danny Mandak menjelaskan, sosialisasi wajib dilakukan terkait pemanfaatan TPU Pananekeng sebagai tempat penguburan jenazah yang bersinggungan dengan Covid-19, baik ODP, PDP, maupun suspect.

Kata dia, kendala yang terjadi pada proses penguburan pekan lalu, yakni miss persepsi masyarakat akan penyebaran pandemi yang masih menjadi momok menakutkan.

“Mereka panik, karna menganggap virus dari jenazah yang dimakamkan, bisa menyebar di udara. Kemudian, dikeluhkan juga kekhawatiran produk pertanian mereka bakal ditolak dipasar” jelasnya.

Lanjutnya, jika dalam pelaksanaan sosialisasi, Kesbangpol yang tergabung dalam sub pengamanan dan penegakan hukum, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid- 19 (GTPPC) Kabupaten Kepulauan Sangihe, turut menggandeng sejumlah instansi terkait.

“Jadi hadir sebagai pembicara tadi, Perwakilan Dinas Kesehatan, yang membahas protokol penanganan, dan Polres Sangihe yang menjelaskan sektor hukum,” tutur dia.

Terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Daerah Jopy Thungari ketika disentil terkait spesifikasi protokol penanganan medis jika terdapat kematian pasien, menjabarkan yang dimaksud dengan protokol penanganan, antara lain penanganan jenazah baik OPD, PDP, maupun suspect Covid-19.

Yang sudah harus diproses selambat-lambatnya 4 jam setelah meninggal, penggunaan beberapa lapis pengaman berbahan plastik anti air, pengaturan jarak TPU minimal 500 meter dari pemukiman, dan 50 meter dari sumber air.

“Jadi, memang TPU Pananekeng dinilai paling strategis. Dan jikapun ada lokasi yang sesuai protap, jenazah bisa dikuburkan di tempat yang dipilih keluarga,” kunci dia. (wan/jen)

-

Artikel Terbaru

Belajar dari Pengalaman Twindy, Berhasil Kalahkan Covid-19

MANADOPOST.ID--Pola makan dengan asupan makanan tinggi kalori dan tinggi protein merupakan treatment yang dianjurkan saat terkena COVID-19. Hal ini berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh.

SGR-NAP Siap Majukan Dunia Pendidikan Minut

Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut) nomor urut 1 dari partai Nasdem dan PKB yakni Shintia Gelly Rumumpe (SGR) dan Netty Agnes Pantouw (NAP), berkeinginan memajukan sektor pendidikan di Kabupaten Minut.

Jalankan Pemerintahan Sehat dan Bersih, JG-KWL Berikan Pelayanan Optimal ke Masyarakat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut, Selasa (24/11) menggelar debat publik terakhir antar paslon bupati dan wakil bupati Minut.

SGR NAP Tampil Memukau di Debat Publik Terakhir

Calon Bupati Minahasa Utara (Minut) nomot urut 1 yakni Shintia Gelly Rumumpe (SGR) dan Calon Wakil Bupati Netty Agnes Pantouw (NAP), tampil memukau dalam debat publik terakhit yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut, Selasa (24/11).

2 Bulan Telusuri 250 Lingkungan, Ini yang Ditemukan Sonya-Syarif

Dikatakan Sonya S Kembuan, saat memaparkan visi misi pada debat publik ketiga pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Manado 2020, Manado tenyata tidak seindah yang dilihat.