31 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Puluhan Perempuan Resmi Menjanda

MANADOPOST.ID—Sebanyak 37 wanita di Kabupaten Kepulauan Sangihe menjanda selang Januari-Juli, karena resmi bercerai.

Kepala Seksi Perkawinan Perceraian dan Perubahan Status Anak Dinas Dukcapil Daerah Sangihe A Pansing mengatakan, kasus perceraian terjadi karena masalah perselingkuhan dan ketidak cocokan, masalah ekonomi juga mendominasi. Dan angka perceraian mengalami trand penurunan dari tahun sebelumnya yang mencapai 69 kasus.

“Jadi meski di suasana Covid-19 seperti sekarang ini, angka perceraian tetap ada. Jumlah dari Januari-Juli 2020 sebanyak 37 akta cerai yang diterbitkan,” ujarnya.

Menurut dia, dibanding tahun 2019, ada sebanyak 69 kasus perceraian. Dan kalau dilihat ada penurunan.
“Memang tidak bisa dipungkiri dampak Covid-19 mempengaruhi angka perceraian terhadap pemenuhan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pengadilan Agama Tahuna Nur Amin mengatakan, perkara perceraian di Pengadilan Agama Tahuna ini sejak berlangsungnya pandemi Covid-19 meningkat 20 persen dibanding tahun lalu.

“Sampai saat ini jumlah perkara yang masuk ada 63 perkara. Sementara tahun lalu hanya 58 perkara. Jadi tahun ini ada peningkatan,” bebernya.

Amin juga menjelaskan, yang mendominasi perceraian adalah permasalahan perekonomian dan ada juga perselingkuhan tapi tidak begitu banyak.

“Kemungkinan kesulitan dalam mencari pekerjaan atau keuangan tidak mencukupi, maka itulah yang menjadi seteru dalam rumah tangga. Kalau perselingkuhan dan KDRT tidak begitu banyak,” kuncinya. (wan/ite)

-

Artikel Terbaru

Demi Bolsel, Iskandar-Deddy Ubah Lawan Jadi Teman

MANADOPOST.ID—Pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) kian menarik saja. Sebab hampir dipastikan seluruh elemen masyarakat pesisir selatan BMR ini, mendukung

Gorango Community Menangkan OD-AA

MANADOPOST.ID—Calon Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) dan calon Wali Kota Manado Andrei Angouw (AA) menghadiri peresmian Rumah Relawan Gorango Community di Paal II Manado.

ODC Perkuat SB-RG di Boltim

MANADOPOST.ID—Kehadiran Olly Dondokambey Center (ODC) di bawah komando Ketum Ferry Wowor di Boltim, menambah kekuatan paslon Drs H Suhendro Boroma MSi-Drs Rusdi Gumalangit (SB-RG).

Money Politics Naik, Modus Sembako Uang Tunai

MANADOPOST.ID—Sejumlah pelanggaran diduga terjadi selama tahapan pilkada, yang saat ini sementara berlangsung di Sulawesi Utara (Sulut). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut membeber, sudah ada aduan masuk dari 15 kabupaten/kota.

Dukung Olly-Steven, Sesepuh Golkar `Reuni` di SaVeRo

MANADOPOST.ID—Pemandangan menarik terlihat di Tondano, Senin (19/10) kemarin. Panji berwarna kuning terlihat menyatu dengan warna merah.