27C
Manado
Jumat, 23 April 2021

Jajaki Kerja Sama Indonesia-Filipina di Bidang Perikanan, Gaghana Temui Wamenlu

SANGIHE— Sebagai daerah perbatasan yang memiliki potensi di bidang kelautan dan perikanan, Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadi salah satu daerah yang akan memperkuat kerja sama Indonesia dengan Filipina di bidang perikanan.

Hal ini dibuktikan dengan pertemuan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana dengan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mehendra Siregar, di kantor Kementerian Luar Negeri Jakarta, Kamis (23/3).

Pertemuan tersebut membahas fasilitasi Konsulat Jenderal Indonesia Filipina melalui Kementerian Luar Negeri terkait penjajakan kerja sama antara Indonesia dengan Filipina di bidang perikanan.

Bupati mengatakan, kerja sama antara Indonesia dan Filipina ingin diperkuat melalui daerah perbatasan, termasuk Kabupaten Kepulauan Sangihe yang memiliki potensi di bidang kelautan dan perikanan sebagai sumber produk ikan untuk diekspor ke General Santos dan Davao.

“Saya telah mempresentasikan terkait potensi daerah, dukungan sarana dan prasarana tangkap dan dukungan proses pengolahan termasuk pasca tangkap,” jelas Gaghana.

Bupati menekankan, sebagaimana peraturan kerja sama dalam hal investasi ini tidak akan dilakukan di luar konteks perundang-undangan, di mana penanaman modal asing hanya dikhususkan untuk investasi pengolahan, tetapi tidak membuka ruang untuk penangkapan ikan di perairan Indonesia, khususnya perairan Sangihe.

“Pengembangan eksisting potensi tersebut akan dikembangkan melalui perwujudan kerja sama bilateral ini. Untuk itu Wamenlu mendorong untuk Konjen mempercepat proses kerja sama ini. Dan menseriusi ini, konjen dan tim akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam waktu dekat,” ungkap Gaghana.

Dalam pertemuan tersebut Wamenlu didampingi Direktur Kerjasama Ekonomi ASEAN Berlianto Situngkir dan Sekretaris Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler Dyah Lestari Asmarani. Sementara itu Bupati Sangihe didampingi Kepala Bapelitbang Daerah Felix Gaghaube, Ketua TP PKK Hermin Ririswati Gaghana Katamsi, Kepala Prokopi Setkab Sangihe Irianto Manumpil, serta Kabid Perikanan Budidaya DKP Alfred Limpong. (wan)

Artikel Terbaru