26C
Manado
Senin, 19 April 2021

Tahuna Timur Koleksi Kasus Covid-19 Tertinggi, Posko PPKM Mulai Dibentuk

MANADOPOST.ID — Tahuna Timur (Tatim) merupakan Kecamatan dengan angka tertinggi kasus Covid-19 dibanding kecamatan lainnya di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Karena itu, Pemerintah Kecamatan berupaya menekan penyebaran Covid-19, dengan membentuk Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kelurahan Lesa, Jumat (26/2). Pantauan harian ini, upaya Pemerintah Kecamatan Tatim turut diback-up Koramil 05/Tahuna dan Polsek Tahuna serta seluruh jajaran kelurahan se-Tahuna Timur.

“Kami telah menggelar rapat pembentukan Posko PPKM Mikro di Kelurahan Lesa, dalam rangka menekan Covid-19, dan kegiatan ini dudukung penuh Koramil serta Polsek Tahuna,” kata Camat Tahuna Timur Imelda Lawendatu.

Diakuinya, pembentukan Posko PPKM Mikro juga tak lepas dari cukup banyak warga Tahuna Timur yang terpapar Covid-19, bahkan Tahuna Timur memiliki rangking tertinggi diantara kecamatan di Sangihe, dengan jumlah 84 kasus, baik yang sudah sembuh maupun sementara menjalani isolasi.

“Itulah saya harus mengingatkan warga saya untuk lebih taat protokol kesehatan, sebab Kecamatan Tahuna Timur rangking tertinggi warga yang terpapar Covid, sehingga hari ini juga kami melaksanakan rapat evaluasi kegiatan pemerintahan, kemasyarakatan dan pembangunan,” ujarnya.

Lanjut mantan Camat Marore ini, dilibatkannya pihak Koramil dan Polsek, karena berkaitan pula dengan adanya persiapan Lesa menjadi kelurahan tangguh untuk mengikuti lomba tingkat kabupaten.

“Nantinya sinergitas Kecamatan Tahuna Timur, Koramil dan Pollsek lewat pertemuan seperti ini akan berlanjut rutin sebulan sekali, dan untuk bulan depan akan dilaksanakan di Kelurahan Enempahembang,” ucap Imelda.

Sementara itu Kapolsek Tahuna, Iptu I Gusti Ayu Utami SE dihubungi terpisah mengatakan, dipilihnya Lesa sebagai kelurahan tangguh, sebab warga Lesa belum ada yang terpapar Covid, lagi pula Lesa termasuk kelurahan yang minim kriminal, sehingga masuk Tangguh Kamtibmas dan Tangguh Pangan.

“Yang pasti satgas kecamatan yang terdiri dari Camat Tatim, Danramil dan Kapolsek Tahuna, bekerjasama dalam mendisiplinkan masyarakat dalam penerapan prokes pencegahan Covid di Kelurahan Lesa,” ungkap Utami.

Hal senada juga ditegaskan Danramil 05/Tahuna, Kapten Inf Mainhard Lolaroh dihubungi terpisah. Pada dasarnya pihak Koramil kata Mainhard, sangat antusias mendukung program pemerintah dalam kesiapan pembuatan posko PPKM Lesa.

“Kami dari Koramil Tahuna selalu siap dan antusias mendukung kegiatan pemberlakuan pembatasan giat masyarakat dalam situasi Covid-19, untuk mencapai sekaligus memutuskan penyebaran virus corona,” tutup Lolaroh. (wan/ewa)

Artikel Terbaru