alexametrics
23.4 C
Manado
Selasa, 21 September 2021
spot_img

Beberapa Jenis Obat yang Dibutuhkan Tak Tersedia, Ini Jawaban Dinkes Sangihe

MANADOPOST.ID – Stok obat-obatan untuk 17 puskesmas di Kabupaten Kepulauan Sangihe dipastikan aman. Namun demikian, ada kendala untuk beberapa jenis obat yang dibutuhkan tak tersedia.

“Karena menggunakan sistem e-purchasing, tak jarang pihak penyedia obat tidak bisa memenuhi kebutuhan beberapa jenis obat yang kami minta. Sehingga beberapa jenis obat yang telah dimasukan dalam daftar kebutuhan tidak dapat disanggupi pihak penyedia,” kata Kepala Seksi Kefarmasian Alkes dan PKRT Dinas Kesehatan (Dinkes) Sangihe Rillya Tasin.

Menurut perempuan yang juga pelatih zumba ini, ada solusi untuk mengatasi stok obat yang tidak bisa dipenuhi pihak penyedia. Yaitu perlu sumber dana dari Dana Alokasi Umum (DAU) untuk pengadaan obat selain anggaran Kemenkes. Tapi sayangnya sejak dua tahun terakhir, anggaran DAU untuk pengadaan obat di APBD Sangihe sudah tidak lagi dialokasikan.

“Kalau punya DAU selain anggaran Kemenkes, kita boleh mengadakan sendiri obat dari penyedia lain ketika penyedia obat yang disiapkan Kemenkes tak sanggup memenuhi jenis obat yang kami minta. Tapi karena anggaran obat lewat DAU sudah tidak ada, kami juga tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengatasinya, semua terhalang oleh sistem,”terangnya. (sriwani)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru