33.9 C
Manado
Rabu, 12 Mei 2021
spot_img

Masyarakat Bowone Tolak Kehadiran PT TMS

MANADOPOST.ID—Upaya penolakan masuknya PT Tambang Mas Sangihe (TMS) beroperasi di wilayah Entana Mahamu Kampung Bowone Kecamatan Tabukan Selatan Tengah (Tabselteng) terus disuarakan masyarakat.

Setelah aksi-aksi penolakan lewat media sosial melalui status dan profile Facebook, dukungan penolakan PT TMS kali ini hadir dari masyarakat Bowone. “Dari sosialisasi yang lalu, para pemilik lahan menolak tawaran dari PT TMS untuk pembebasan lahan seharga Rp. 5000 per meter. Namun untuk masyarakat di pemukiman Kampung Bowone sendiri, sebagian besar mereka menyatakan menolak berapapun harganya karena mereka menolak jika pemukiman sampai dipindahkan,” sebut Kepala Kampung Bowone Wilmar Manangkoda, ketika dikonfirmasi wartawan akhir pekan lalu.

Dijelaskannya, di Entana Mahamu (Tanah Merah) yang notabene bakal menjadi wilayah pertambangan PT TMS, ada kurang lebih 10 warga bowone yang berstatus pemilik lahan dengan keputusan menolak kehadiran perusahaan tambang emas yang seyogianya bakal beroperasi hingga tahun 2054 ini.

“Jadi bukan menunggu harga yang pas. Mereka memang menolak hadirnya PT TMS. Mereka memilih agar dapat mengelola lahannya sendiri. Bahkan sudah ada upaya-upaya dari masyarakat untuk dapat mengurus ijinnya, meskipun sampai hari ini belum terealisasi. Dan sebagai pemerintah, kami akan ada bersama-sama dengan pilihan yang diambil masyarakat,” tegasnya.

Di tempat berbeda, Camat Tabukan Selatan Tengah Jun Mananohas menekankan jika dalam pendiriannya, segala sesuatunya wajib menempatkan masyarakat sebagai prioritas utama.

Dia bahkan mengaku telah berkali-kali menolak pihak perusahaan yang datang kepadanya meminta melakukan sosialisasi aktifitas tambang kepada warganya.

“Jadi semua harus kembali pada kesejahteraan dan keputusan masyarakat. Dan itu sudah saya sampaikan pada sosialisasi hari kedua yang digelar PT TMS, bahwa kepentingan masyarakat adalah segala-galanya,” singkat camat berdarah Tabselteng ini. (wan/ewa)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru