31 C
Manado
Selasa, 14 Juli 2020

Pasien Covid-19 Berstatus OTG Dipulangkan ke Rumah

MANADOPOST.ID—Direktur Rumah Sakit Daerah (RSD) Liun Kendaghe Tahuna dr Handry Pasandaran menjelaskan, pasien positif Covid-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) yang dikembalikan ke rumah atau ke kampung masing-masing sudah sesuai dengan edaran yang dikeluarkan Dinkes Sulut.

”Pasien positif Covid-19 tapi tanpa gejala dan keadaan fisiknya sehat ini sudah bisa dipulangkan pihak rumah sakit, setelah menjalani perawatan selama 30 hari yang mengikuti masa inkubasi virus,” jelas Pasandaran.

Menurutnya, hal ini ditegaskan dalam Surat Edaran No 440/Sekr/1712/VI/2020 perihal penyampaian terkait pemulangan pasien Covid 19.

“Hal ini sendiri dilakukan Dinkes Provinsi setelah mendapatkan publikasi dari WHO tertanggal 27 Mei 2020 terkait pemulangan pasien Covid 19”, ujar Pasandaran.

Lebih lanjut dia menyatakan, dalam surat edaran Dinkes Sulut tersebut menjelaskan tiga poin penting dalam pemulangan pasien Covid-19.

“Pertama, pasien dapat dipulangkan setelah 30 hari mengikuti masa inkubasi virus, dirawat di rumah sakit bila tidak ada keluhan mapun tidak bergejala meskipun hasil swab belum ada. Kedua, setelah dipulangkan, melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dengan pemantauan Dinas Kesehatan kabupaten/kota, Puskesmas setempat sesuai tempat tinggal pasien. Dan ketiga, Dinas Kabupaten/Kota wajib melaporkan hasil pemantauan ke Dinas Kesehatan Daerah Provinsi. Itulah tiga poin penting dalam edaran dimaksud,” tutur Pasandaran.

Karena itu Pasandaran berharap, pasien Covid 19 yang telah dipulangkan dari rumah sakit wajib mematuhi setiap protokol penanganan Covid-19.

“Dan saya juga berharap untuk seluruh masyarakat Sangihe juga mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19. Tetap budayakan hidup sehat untuk cegah Covid 19”, imbuhnya. (wan/jen)

-

Artikel Terbaru

Terkait Penyaluran Bansos, Kumtua Tantang Warga Lapor Polisi

MANADOPOST.ID--Gencarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dalam mensosialisasikan penyaluran bantuan sosial dimasa pandemi Covid-19, baik Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial ke Masyarakat ternyata berbanding terbalik yang dilakukan Pemerintah Desa Koha Timur Kecamatan Mandolang yang dilaporkan wargannya akibat dugaan ketidak terbukaan dalam penyaluran bantuan tersebut.

Satu Pasien Positif Covid-19 Tempati Rumah Singgah Tounsaru

MANADOPOST.ID--Setelah disiapkan beberapa waktu lalu, rumah singgah yang disiapkan khusus tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan, kini sudah ditempati.

ROR: Setengah Warga Minahasa Sudah Tersentuh BST dan BLT

MANADOPOST.ID--Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring MSi (ROR) menyebut bantuan sosial yang yelah disalurkan pemerintah terhitung sudah setengah mencakup jumlah penduduk Kabupaten Minahasa.

Penutupan Kelurahan yang Belum Terpapar Covid-19 Ditunda

MANADOPOST.ID—Kabar penutupan sejumlah kelurahan yang belum terpapar Covid-19, mulai 16 hingga 19 Juli mendatang, ditunda pelaksanaannya. Itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Tomohon Yelly Potuh SS, dalam keterangan persnya, Senin (13/7) kemarin.

Polisi Amankan 350 Liter Captikus di Pelabuhan

MANADOPOST.ID--Sebanyak 350 Liter minuman keras (miras) ilegal jenis captikus yang di selundupkan di pelabuhan Melonguane menggunakan kapal KM Barcelona 2, berhasil di gagalkan Polres Talaud melalui Polsek Melonguane.