27C
Manado
Rabu, 14 April 2021

Bersumber dari DAK, Tahun 2021 Sangihe Kecipratan 101 Unit BPS

MANADOPOST.ID— Di tahun anggaran (TA) 2021 ini, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan Daerah (Perkimtan) akan melaksanakan Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 101 unit Bantuan Perumahan Swadaya (BPS).

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perkimtan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Mandiri Gaghana. Dikatakannya, untuk tahapan saat ini masih dalam proses sosialisasi.

“Ada enam Kampung dan Kelurahan yang mendapat alokasi pembangunan BPS ini diantaranya, Kelurahan Enempahembang Kecamatan Tahuna Timur, Kelurahan Angges Kecamatan Tahuna Barat, Kampung Talawid Kecamatan Kendahe, Kampung Tola, Kampung Talolang dan Kampung Kalurae Kecamatan Tabukan Utara,” beber Mandiri.

Sedangkan untuk anggaran setiap 1 unit pembangunan BPS ini lanjut dia, anggarannya sebesar Rp 20 juta dengan klasifikasi peningkatan kualitas.

”Pembangunan Tahun ini beda dengan tahun yang lalu. Kalau lalu itu bangun baru, sedangkan yang sekarang itu peningkatan kualitas atau rehabilitasi. Untuk biayanya dari 20 juta ini dibagi dua. Rp 17.500.000 untuk bahan bangunan, sedangkan sisanya Rp. 2.500.000 untuk ongkos kerja,” jelasnya.

Mandiri berharap, kiranya Bantuan Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ini dapat membantu masyarakat Sangihe yang berkeinginan membangun tempat tinggal yang layak tetapi terkendala dengan biaya. “Serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sangihe,” kuncinya. (wan)

Artikel Terbaru