27C
Manado
Rabu, 14 April 2021

40 Sekolah Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka

MANADOPOST.ID—Sebanyak 40 sekolah di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah melaksanakan pembelajaran tatap muka. Hal ini telah berlangsung sejak di keluarkannya Surat Edaran Bupati Tertanggal 23 Maret 2021, Nomor: 15/SE/III-2021 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Satuan Pendidikan Dasar.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Sitaro Budiarto Mukau, bahwa dari 103 jumlah Sekolah Dasar (SD) dan 25 Sekolah Menengah Pertama (SMP) hanya sebagian saja yang telah melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. Juga, dalam pelaksanaannya tidak serentak karena tiap sekolah menunggu rekomendasi dari puskesmas, apakah layak melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas atau tidak.

“Jadi hingga sekarang ini, yang sudah ada rekomendasi dari Puskesmas hanya 32 SD dan 8 SMP, karena sekolah-sekolah ini telah memenuhi syarat dan ketentuan dalam penerapan protokol kesehatan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas,” ungkap Mukau.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hal ini berdasarkan hasil evaluasi pemerintah daerah di mana terdapat kebutuhan pembelajaran tatap muka dari peserta didik yang mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh selama penundaan kegiatan pembelajaran tatap muka.

Jadi dalam surat edaran tersebut tertuang dalam point pertama sampai ke lima yaitu, pembelajaran tatap muka terbatas semester genap tahun ajaran 2020/2021 dapat diselenggarakan untuk satuan pendidikan dasar yang telah mengisi daftar periksa pada laman Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Dan telah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan melalui puskesmas setempat. Dan pedoman penilaian penerapan protokol kesehatan di sekolah ditetapkan dengan surat edaran keputusan kepala dinas kesehatan.

“Juga pembelajaran di lingkungan sekolah dilaksanakan dengan pembagian rombongan belajar dan penerapan protokol kesehatan ketat. Dan apabila setelah dilaksanakannya pembelajaran tatap muka terbatas di dalam lingkungan sekolah terdapat warga satuan pendidikan atau masyarakat di sekitar lokasi yang terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan data terbaru yang rilis oleh pemerintah daerah, maka kepala satuan pendidikan dasar wajib menghentikan semua kegiatan pembelajaran tatap muka,” pungkasnya. (cw-04/ewa)

Artikel Terbaru