28.4 C
Manado
Jumat, 30 Juli 2021

Palandung Ingatkan Keluarga Tingkatkan Prokes

MANADOPOST.ID – Varian virus corona delta menyita banyak perhatian. Pasalnya varian delta disebut-sebut lebih menular (infeksius) dibanding varian sebelumnya. Selain itu, virus corona varian delta ini juga disebut memiliki gejala klinis yang lebih berat dan beragam. Varian delta merupakan mutasi pada virus corona (B16172) Mutasi ini ditemukan pertama kali di India. Kini varian delta menyebar luas hingga ke 74 negara, bahkan transmisi lokal virus corona varian delta juga sudah ditemukan di Indonesia.

Bahkan varian delta disebut-sebut sangat mudah menyerang anak-anak. Terkait hal ini, Wakil Bupati Kepulauan Sitaro Jhon Heit Palandung angkat bicara. Menurut Palandung, dalam hal ini penerapan protokol kesehatan di keluarga lebih ditingkatkan lagi. “Upaya meningkatkan disiplin kepada masyarakat yaitu lewat pemahaman yang benar atau utuh tentang pengendalian virus corona oleh seluruh anggota keluarga harus lebih ditingkatkan, dalam rangka mencegah penyebarannya,” ungkapnya.

Menurut Palandung, upaya dalam meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan keluarga dalam melaksanakan penatapan protokol kesehatan tentu harus menjadi prioritas dan masif dilakukan untuk meredam laju penularan meluas. Sebab katanya, klaster penyebaran virus corona saat ini sudah masuk satuan masyarakat terkecil yakni keluarga, sehingga perlu sebuah gerakan masif untuk mewujudkan anggota keluarga yang sadar dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

“Namun dalam hal tersebut keterlibatan semua pihak di wilayah seperti kepala desa, lurah, dan camat, sangat diharapkan untuk bisa tetap mengimbau kepada setiap keluarga di wilayah masing-masing untuk tetap patuh dan disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan,” beber Palandung.

Bahkan saat diwawancarai Palandung tak henti-hentinya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Dan juga ia berharap, agar upaya tersebut maka bisa menekan kasus penularan virus corona terhadap anak.

Dan begitu begitu pun dapat menekan potensi peningkatan kasus di daerah. “Saat ini berbagai upaya harus dilakukan untuk mengurangi beban di sektor hilir dalam pengendalian virus corona. Maka dari itu lah apabila kesadaran dan disiplin protokol kesehatan masyarakat bisa ditingkatkan secara signifikan, maka penanganan akan berjalan dengan baik. “Ya, saya mengharapkan agar kita semua displin dalam melaksanakan protokol kesehatan, sehingga dapat menekan kasus penyebaran virus corona,” pungkasnya. (dew/ewa)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru