32C
Manado
Kamis, 15 April 2021

RS Lapangan Sawang Segera Direlokasi

MANADOPOST.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus berupaya agar pelayanan kesehatan di daerah semakin baik. Hal ini pun terbukti dengan adanya rencana bahwa Rumas Sakit Lapangan Sawang di Kabupaten Kepulauan Sitaro bakal pindah lokasi.

Rencana relokasi tersebut telah ditindaklanjuti pemerintah kabupaten dengan menyambangi langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beberapa waktu lalu.

“Relokasi Rumah Sakit Lapangan Sawang di Kabupaten Kepulauan Sitaro ke lokasi yang baru tentunya memiliki beberapa pertimbangan secara matang. Salah satunya terkait dengan kondisi topografi yang di mana, lokasi Rumah Sakit Lapangan Sawang sekarang ini berada di daerah yang berbukit,” ujar Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sitaro Jhon Heit Palandung.

Pun dalam pertemuan dengan Kemenkes tersebut, Wabup secara langsung menyampaikan proposal pengajuan usulan relokasi Rumah Sakit Lapangan Sawang. Terkait dengan rencana relokasi rumah sakit tersebut, pertimbangan lainnya juga lebih pada luas lahan untuk pengembangan Rumah Sakit Lapangan Sawang yang sudah tidak lagi memadai.

“Untuk itu pemerintah daerah perlu ke kementerian kesehatan terkait sebagai tindak lanjut soal rencana relokasi ini,” kata Wabup. “Jadi kami belum lama ini sudah melakukan pertemuan dengan kementerian kesehatan dan telah disampaikan proposal soal rencana relokasi rumah sakit tersebut,” bebernya.

Dirinya pun mengatakan, rencana relokasi rumah sakit ini berkaitan erat dengan kepentingan sejumlah masyarakat secara umum.

Di mana hal ini pun bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Bumi Karangetang Mandolokang Kolo-kolo. “Jika kondisi rumah sekit di daerah lebih representatif, maka sudah pasti berkorelasi pada pelayan kesehatan yang lebih baik,” ucapnya.

Dilanjutkan Wabup, bahwa dari pihak Kemenkes menerima usulan atas rencana relokasi rumah sakit tersebut dan pihak Kemenkes pun merespon baik. Namun pihak Kemenkes mengatakan, proses tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan pemerintah kabupaten dengan memenuhi semua syarat-syarat yang telah ditentukan serta dasar hukum terkait.

Pun untuk lahan yang nantinya akan dijadikan lokasi baru untuk rumah sakit tersebut sudah ada dan berlokasikan di Kampung Balirangen Kecamatan Siau Timur Selatan, dengan luas lahan cukup memadai untuk dijadikan lahan relokasi.

“Memang target dari pemerintah daerah terkait pemindahan lokasi rumah sakit tersebut agar lebih luas, dan konsep pelayanan kesehatan bagi masyarakat bisa lebih baik lagi,” tambah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepualaun Sitaro Semuel Raule. (cw-04/ewa)

Artikel Terbaru