29C
Manado
Kamis, 21 Januari 2021

Janis Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrim

MANADOPOST.ID–Ketua DPRD Sitaro Djon Pontoh Janis, mengimbau kepada warga Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) untuk mewaspadai cuaca ekstrim.

Sebab akhir-akhir ini, sering terjadi curah hujan yang tinggi. Dan itu dapat memicu terjadinya bencana, baik itu bencana banjir maupun longsor.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Kepulauan Sitaro untuk mewaspadai cuaca ekstrim dan bencana. Akhir-akhir ini karena cuaca yang tidak menentu, maka disarankan kepada para nelayan yang akan melaut dan yang tinggal dibantaran sungai untuk tetap waspada,” ungkap Ketua DPRD Sitaro.

Dilanjutkannya, apalagi dengan tekstur Sitaro yang berbukit, lereng dan banyak tebing, sehingga berpotensi bencana longsor.

Untuk itu bagi warga agar tetap waspada, dengan menghindari aktivitas di lereng yang curam, bahkan juga tidak membuang sampah di sungai. “Bahkan setiap drainase atau saluran air lakukan pembersihan. Sehingga air tidak akan tersumbat apabila terjadi hujan,” jelasnya.

Bahkan dirinya pun mengingatkan juga, agar pengguna jalan tetap waspada karena beberapa waktu lalu ada beberapa titik akses jalan tertutup akibat pohon tumbang dan longsor.

Untuk itu bagi kita semua tetap waspada dan tetap berdoa jika akan melaksanakan segala sesuatu.

Pun dirinya memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten khususnya ibu Bupati Evangelian Sasingen, yang dengan sigap menginstruksikan kepada pemerintah kecamatan bahkan dibantu oleh warga serta TNI Polri dalam melakukan penebangan pohon diruas jalan yang berpotensi membahayakan pengguna jalan.

“Bahkan di halaman kantor Bupati juga dilakukan penebangan pohon yang berpotensi akan tumbang. Ini langkah yang luar biasa dilakukan, untuk menghindari warga Sitaro dari peristiwa pohon tumbang. Dan tentu memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga,” bebernya sembari menambahkan, agar seluruh warga Sitaro tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Untuk menghindari penyebaran Covid-19. (cw-04)

Artikel Terbaru