27C
Manado
Rabu, 14 April 2021

Sitaro Usulkan 250 Kuota CPNS

MANADOPOST.ID— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus menggenjot pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Bahkan untuk meningkatkan SDM di organisasi pemerintahan, Pemkab Sitaro kini mengusulkan 250 kuota formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Di dalamnya sudah termasuk formasi tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan tenaga pendidik yang dalam hal ini Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” ungkap Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Sitaro Christ Palar.

Menarikannya kata Palar, ditahun ini sesuai dengan keinginan dari pimpinan bahwa dengan banyaknya lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kepulauan Sitaro, maka pemerintah daerah telah mengusulkan penerimaan CPNS untuk lulusan tersebut.

“Jadi karena di Sitaro banyak yang lulusan SMA, maka kita telah mengusulkan formasi ini. Jadi 250 kuota itu sudah termasuk juga yang lulusan SMA,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, keputusan apakah akan disetujuinya usulan untuk kuota SMA dan jumlah kuota CPNS tahun ini atau tidak itu nanti Kemenpan-RB yang akan memutuskan dengan melihat dari Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) Pemkab Kepulauan Sitaro.

Karena untuk mengatur jabatan di instansi pemerintah, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengeluarkan Peraturan Menteri PANRB 1/2020 tentang Pedoman Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja.

Selain merupakan amanat UU 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), setiap instansi pemerintah wajib untuk menyusun analisis jabatan (anjab) dan analisis beban kerja (ABK) guna menyusun kebutuhan jumlah serta jenis jabatan dari PNS dan PPPK.

“Pada intinya pemerintah daerah telah mengusulkan apa yang menjadi kebutuhan di daerah. Jadi kita tinggal menunggu saja berapa banyak kuota CPNS untuk Kepulauan Sitaro,” jelas Palar.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen mengimbau calon pelamar Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai mempersiapkan diri, serta teliti membaca persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

“Untuk para orang tua yang anaknya akan ikut seleksi, percayalah bahwa sistem yang di bangun saat ini adalah sistem yang tidak mengandung unsur-unsur menggunakan uang. Kalau ada oknum yang menjanjikan untuk dapat lulus, jangan percaya,” diingatkan Sasingen. (cw-04/ewa)

Artikel Terbaru