29C
Manado
Sabtu, 6 Maret 2021

Masyarakat Sitaro Makin Taat Protap

MANADOPOST.ID—Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) sudah semakin mengerti dan taat dalam penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi corona virus disease 2019 atau Covid-19.

Hal ini dapat terlihat dari pemantauan tim Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 di lapangan salah satunya di Pelabuhan Ulu Siau, Kecamatan Siau Barat (Sibar), Senin (8/) kemarin.

“Jadi kapal cepat KM Majestic Kawanua II tiba di Pelabuhan Ulu Siau pukul 11.43 WITA dari Tahuna dengan jumlah penumpang atau pelaku perjalanan yang turun di Siau sebanyak 14 orang. Nah, dari para pelaku perjalanan tersebut yang di rapid tes antigen ada tujuh orang dan hasil semuanya adalah negatif.

Dan semua para pelaku perjalanan tersebut menggunakan masker dan tidak ada yang langsung pulang ke rumah mereka. Semuanya melewati proses pemeriksaan dari Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19,” ungkap Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kepulauan Sitaro Richard Sasombo yang juga tergabung dalam Satgas Percepatan Penanganan Covid-19.

Namun katanya lagi, bahwa setiap penumpang yang baru turun dari kapal langsung diawasi oleh Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menghindari jangan sampai ada masyarakat yang langsung pulang ke rumah tanpa melalui serangkaian pemeriksaan di Pelabuhan Ulu Siau Kecamatan Siau Timur (Sitim).

Hal ini tentu dilakukan pemerintah untuk menghindari atau mencegah terjadinya penyebaran virus corona di Bumi Mandolokang Kolo-kolo ini. Karena beberapa waktu lalu sempat terjadi peristiwa di mana pelaku perjalanan saat tiba di Pelabuhan Ulu Siau langsung pulang ke rumah, tanpa melewati serangkaian pemeriksaan dari Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19. Namun mereka di jemput oleh Tim Satgas.

“Dan saat ini pun patut diberikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah begitu peduli akan sesama dengan mengikuti segala proses pemeriksaan dari tim Satgs Percepatan Penanganan Covid-19 dalam rangka mencegah penyebaran virus corona di Bumi Karangetang ini,” beber Sasombo.

Terpisah Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen menambahkan, bahwa setiap penumpang atau pelaku perjalanan diskrening suhu tubuh dan diadakan pemeriksaan dokumen perjalanan. Tentu hal ini akan dilakukan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Dan pelaksanaan tugas Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Tahun 2021 Pemerintah Kabupaten akan lebih mengoptimalkan pelaksanaan tugas Satgas sehubungan dengan pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan. “Dan diimbau kepada Tim satgas yang bertugas di lapangan seperti di pelabuhan, agar memperhatikan jarak setiap penumpang,” kata bupati yang juga Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Sitaro.

“Yang pasti pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin untuk tetap mengatur setiap pelaku perjalanan yang tiba di Pelabuhan Sitaro agar semuanya memiliki jarak. Dengan demikian maka penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona di Kepulauan Sitaro berjalan baik,” ucap bupati sembari menambahkan, bahwa sosialisasi penerapan protokol kesehatan terus disampaikan kepada masyarakat melalui media cetak, baliho, dan publikasi. (cw-04/ewa)

Artikel Terbaru