31.4 C
Manado
Selasa, 22 Juni 2021
spot_img

1.500 Pedagang Pasar Divaksin AZ

MANADOPOST.ID – Sebanyak 1.500 pedagang pasar dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akan menerima vaksinasi Covid-19 merek AztraZeneca.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepulauan Sitaro Semuel Raule, bahwa hari ini (kemarin, red) pelaksanaan vaksinasi Covid-19 merek AztraZeneca kepada sejumlah pedagang pasar tradisional Ondong dan pelaku usaha di seputaran Kecamatan Siau Barat (Sibar).

“Jadwal hari ini dan esok (hari ini, red) merupakan pelaksanaan vaksin kepada 400 orang pedagang di wilayah Kelurahan Ondong. Dan untuk jadwal kepada 800 pedagang di Pasar Ampera Ulu Siau dan sekitarnya hari Kamis dan Jumat. Sedangkan 300 orang pedagang di wilayah Tagulandang, dan mereka juga akan divaksin hari Kamis dan Jumat. Jadi total keseluruhan pedagang pasar dan pelaku usaha yang akan menerima vaksinasi Covid-19 sebanyak 1.500,” ungkap Semuel.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk pemberian vaksinasi Covid-19 ini bukan hanya diperuntukkan kepada pedagang pasar, toko, kios/warung, namun juga beserta dengan keluarga mereka. Untuk pemberian kepada pedagang pasar dan pelaku usaha menggunakan vaksin merek AztraZeneca karena vaksin ini yang tersedia. “Jadi tergantung adanya ketersediaan vaksin yang dimiliki. Kebetulan ada ketersediaan vaksin merek AztraZeneca, maka kita suntik AztraZeneca,” urainya.

Dan dikatakan Semuel, bahwa pihaknya merencanakan vaksin merek AztraZeneca sebanyak 3.000 dosis. “Kan usai pedagang pasar ini, maka akan dilanjutkan dengan vaksinasi Covid-19 yang diperuntukkan kepada Lanzia. Ya kemungkinan minggu depan vaksinasi Covid-19 kepada Lanzia,” tuturnya.

Menurut Semuel, bahwa pemberian vaksinasi virus corona kepada sejumlah Lanzia di Bumi Karamando aman bagi mereka. Dan seperti halnya proses pemberian vaksin kepada pedagang pasar dan lainnya harus melewati beberapa tahapan, maka begitu juga untuk mereka. “Ya kalau memang berdasarkan dari pemeriksaan tahap awal tak bisa diberikan vaksin kepada Lanzia maka tentu tak akan divaksin. Kan semua di screening oleh dokter, jadi kalau sehat nanti di suntik oleh dokter yang bertugas,” bebernya.

Sementara itu ditambahkan salah satu pedagang pasar tradisional Ondong Anis R mengatakan, kemauannya untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 ini karena mengikuti imbauan dari pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Pasar itu tempat kami mencari rezeki, jangan sampai ada yang positif Covid-19 dan mengganggu jual beli di pasar. Makanya saya mau divaksin,” ujarnya.

Ia mengharap nantinya seluruh pedagang pasar di Kepulauan Sitaro bisa mengikuti vaksinasi Covid-19. “Ini pertama (vaksinasi, red) saya telah selesai dan alhamdulillah tidak ada yang saya rasakan. Semoga semuanya mau divaksin,” kata dia. Tampak kegiatan vaksinasi dimulai pukul 09:00 WITA sampai dengan pukul 14:00 WITA yang bertempat di Kompleks Pasar Ondong Kecamatan Siau Barat. Dan pelaksanaan vaksinasi tersebut juga turut di pantau oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda, Herry Lano, SE.MM.MTh, Kapolres Sitaro, AKBP Hansjen Ratag dan Camat Siau Barat. (dew/ewa)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru