27C
Manado
Rabu, 27 Januari 2021

Harga Rica di Sitaro Makin Pedas

MANADOPOST.ID–Mulai langkah, harga rica yang dijual pedagang di Pasar Ondong, Kecamatan Siau Barat (Sibar) makin pedas.

Pedagang Pasar Ondong Joice Rasubala membeberkan, untuk harga rica saat ini mencapai 100 ribu per kg. Begitu juga untuk harga Bawang Merah dan Bawang Putih beranjak naik. Sedangkan untuk harga Tomat naik 4 ribu.

Dari 10 ribu menjadi 14 ribu pada waktu natal dan tahun baru kemarin dan hingga saat ini. “Karena ada kelangkaan makanya harga rica mahal,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, padahal dua bulan sebelum nataru harga rica 40 ribu per kg. Di saat itu para pedagang sebagian besar mengharapkan agar harganya tidak naik. “Namun pada akhirnya naik hingga saat ini. Dan kami pun berharap secepatnya akan kembali normal,” harapnya.

Terpisah Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja Sitaro Jostanlie D S Bogar menyampaikan, dari hasil pantauan di lapangan harga untuk Barito menanjak naik. “Hal ini di sebabkan para penjual menjaga stok bahan agar tidak kehabisan berhubung kedatangan kapal hanya dua kali dalam seminggu,” katanya.

Sejauh ini terpantau di pagi ini (hari ini, red) masyarakat penjual maupun pembeli sudah memakai masker di saat bertransaksi di pasar.

“Dan tampak pasar terlihat agak sepi dari pengunjung berhubungan cuaca yang agak tidak bersahabat,” pungkasnya sembari menambahkan, bahwa pihaknya tetap mengimbau dan mengedukasikan kepada masyarakat yang di temui untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan terus menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun, dan menjaga jarak.

Dan kami tetap menegur bagi pembeli/penjual yang tidak mematuhi protokol kesehatan karena sebagian masih ada yang tidak memakai masker,” kuncinya. (cw-04/ewa)

Artikel Terbaru