25 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Jalan Menuju Danau Cinta Sedot Anggaran 1,9 Miliar

MANADOPOST.ID–Pembangunan akses jalan baru menuju ke destinasi wisata danau cinta pulau Makalehi, Kecamatan Siau Barat menjadi perhatian pemerintah. Karena itu, Jumat (14/11) lalu,

Bupati Sitaro Evangelian Sasingen didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman (PUPR) Sitaro Indra E H N Purukan melakukan inspeksi di ruas jalan tersebut.

Bupati mengharapkan, dengan dibukanya akses jalan ini semoga kedepannya dapat menarik lebih banyak pengunjung. “Namun dalam situasi pandemi seperti ini tentu kita tetap berhati-hati dan tentu dibatasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman (PUPR) Sitaro Indra E H N Purukan mengatakan,

untuk target volume jalan tersebut adalah 1 kilometer (Km). Dengan anggaran yang ditata melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) cadangan atau DAK Sub-Bidang Transdes tahun 2020 sebesar Rp 1,99 miliar.

“Sedangkan untuk konstruksi lapisan penetrasi (Lapen) volumenya yakni 600 meter x 5 meter. Jadi panjang pekerjaan akses jalan itu 600 meter, lebar 5 meter konstruksi Lapen,” bebernya.

Kepala Bidang Bina Marga PUPR Sitaro Shanti Kalangit menyebutkan, progres pekerjaan akses jalan tersebut untuk penyiapan badan jalan sudah hampir rampung. Dan saat ini mereka sudah mulai untuk pengerjaan konstruksi dan pengerjaan strukturnya pun sudah sementara.

“Tapi untuk realisasinya saya belum mengetahui pasti. Yang pasti pengerjaan ini akan rampung semuanya diakhir tahun ini. Kami optimis diakhir tahun bisa selesai, karena kontraknya hanya sampai Desember 2020,” sebutnya.

Menurut dia, proses pengerjaan kemungkinan sudah memasuki bulan ke kedua atau ketiga. Pun kedepan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sitaro recananya akan kembali menambah panjang akses jalan tersebut sepanjang 400 meter, agar sampai danau cinta.

“Jadi saat sudah ditambah 400 meter, maka nanti tahun depan akan rampung hingga danau cinta. Kalau yang sekarang dengan anggaran hanya Rp 1,99 miliar, itu hanya bisa 600 meter. Kan targetnya sampai dipuncak kan 1 km, sedangkan saat ini 600 meter. Jadi tahun depan nanti dilanjutkan sisanya 400 meter,” katanya.

“Tapi kalau untuk persiapan badan jalannya sudah sampai di puncak, namun konstruksi aspal Lapen hanya 600 meter. Karena dana saat ini hanya 1,99 miliar, maka tahun depan kami akan mencoba di DAU untuk sisanya 400 meter dengan anggaran 1,4 miliar,” pungkasnya. (cw-04/ite)

-

Artikel Terbaru

Zaman Kapolri Idham Azis, tidak Ada Anjak yang Habis Sekolah

Dalam Apel Kasatwil 2020 di Mabes Polri pada Rabu (25/11), Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan perihal pembinaan personel kepolisian. Ada hukuman dan penghargaan bagi anggotanya. Bahkan, seluruh personel Bhayangkara akan mendapatkan jabatan sesuai dengan kompetensi individu.

Perselisihan Dua Desa, Kapolres Turun Tangan

MANADOPOST.ID- Anak-anak muda di dua desa yakni Desa Tenga dan Desa Pakuure, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) belum lama ini sempat terjadi perselisihan.

Lansia 80 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai

MANADOPOST.ID--Desterina Talamuda (80), warga Kuma Kecamatan Essang Selatan, ditemukan tak bernyawa di Sungai Liumbarango.

Hadirkan Ketum GMNI, Liow Apresiasi Bedah Buku OD-SK

MANADOPOST.ID--Mahasiswa dan generasi milenial Sulut mengikuti Diskusi bedah buku ‘Moving Forward: Memahami Revolusi Mental dan Politics of Hope Dalam Kepemimpinan Aksi Nyata dan Tata Kelola Pemerintahan ODSK’ di Grand Puri Hotel Manado, Rabu (25/11).

Percepat dan Perluas ETP Daerah

MANADOPOST.ID--Bupati Sitaro Evangelian Sasingen didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Herry Bogar menghadiri webinar akselerasi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), secara virtual di Media Center Sitaro, Selasa (24/11).