30 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

6 Miliar Bayar Gaji Sitaro Mengajar

MANADOPOST.ID–Untuk meningkatkan pendidikan di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Bupati Evangelian Sasingen melanjutkan program Sitaro mengajar bagi guru honorer yang berdomisili di Negeri 47 pulau ini.

Hal tersebut dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), karena keterbatasan tenaga pendidik. Untuk Sitaro mengajar bukan hanya diprioritaskan di sekolah negeri, tetapi hingga swasta.

Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Sitaro Fatmawati Kalebos mengatakan, hal ini dilakukan agar ada pemerataan tenaga pendidik.

“Jadi untuk tahun ini juga direkrut guru Sitaro mengajar tetapi mereka harus melewati tes. Dan itu sudah awal tahun telah dilaksanakan perekrutan, sehingga jumlah guru honorer di Sitaro ada 376 orang,” beber Kalebos.

Menurut dia, jumlah tersebut sudah masuk dalam program guru Sitaro mengajar. Pun untuk upah perbulannya yang harus dibayarkan Pemkab kepada mereka sebesar Rp 1,5 juta per orang.

Sehingga per bulannya pemerintah mengeluarkan dana sebesar Rp564 juta per bulannya, sedangkan setahun dana yang dikeluarkan sebesar Rp 6,768,000,000.

“Kalau untuk 2019 lalu jumlah Sitaro mengajar ada 246 orang. Artinya Pemkab tiap bulannya membayarkan sebesar Rp 369 juta dan setahun sebesar Rp 4,428,000,000.Jadi di tahun ini ada ketambahan guru Sitato mengajar,” pungkasnya (cw-04/ite)

-

Artikel Terbaru

Desa Wisata Penglipuran Batasi Kapasitas Pengunjung Hingga 50%

Selalu ada hal menarik untuk diceritakan mengenai Pulau Dewata Bali, salah satunya adalah Desa Penglipuran yang terletak di Kelurahan Kubu, Kabupaten Bangli, Bali.

Desa Wisata Candirejo Borobudur Tawarkan Sensasi Budaya Jawa

Salah satu desa wisata tradisional yang terkenal #DiIndonesiaAja adalah Desa Penglipuran, Bali. Nah, selain itu, masih banyak desa wisata tradisional lain, termasuk yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Bajeto 341 Lingkungan Solid Menangkan JGE-VB

Kekuatan pendukung dan simpatisan Pasangan Calon (Paslon) Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker, (JGE-VB) kian hari terus bertambah.

Pilih Mor, Rekaman Bersama Enda Ungu

Personel Band Ungu Franco Medjaya Kusumah atau akrab disapa Enda, menunjukkan keseriusannya memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP).

VAP – HR Merajai Pelosok Sulut

Sosok calon Gubernur Sulut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh yang selalu peduli masyarakat kecil, terus dicintai warga hingga di daerah pelosok di 15 kabupaten/kota se-Sulut.