27 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

Anggaran 77 Miliar Dipangkas

MANADOPOST.ID-Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang dipimpin oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sitaro Herry Bogar yang juga ketua TAPD melaksanakan rapat evaluasi Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro Tentang APBD Perubahan TA 2020 dan Rancangan Peraturan Bupati Kepulauan Sitaro Penjabaran APBD Perubahan TA. 2020.

Kegiatan yang berlangsung di Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (18/9) kemarin, diterima langsung oleh Asisten Administrasi Umum Sekdaprov Asiano Gemmy Kawatu yang juga sebagai Ketua Tim Evaluasi dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sulawesi Utara Jeffry Korengkeng.

Dalam kesempatan tersebut, Asiano Gemmy Kawatu menyampaikan, bahwa evaluasi kali ini memang dibatasi untuk kehadiran setiap peserta, karena adanya pandemi Covid-19.
Pun untuk pelaksanaannya juga dibatasi selama kurang lebih 2 jam sehingga diharapkan agar waktu yang ada ini dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Ditengah pandemi Covid-19 maka protokol kesehatan tetap kita kedepankan seperti penggunaan masker, sosial distancing/physical distancing, dan lain sebagainya.
“Jadi untuk itulah dibatasi selama kurang lebih 2 jam sehingga diharapkan agar waktu yang ada ini dimanfaatkan semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekkab Sitaro Herry Bogar berterima kasih kepada Pemprov Sulut dalam hal ini tim evaluasi yang telah menerima Pemkab Sitaro untuk pelaksanaan evaluasi ini.

Karena pada prinsipnya, APBD telah disetujui bersama antara pimpinan dewan mewakili anggota dewan dengan pimpinan daerah. Menurutnya, evaluasi ini memang lain dari biasanya.

“Evaluasi pada media perubahan APBD 2020 ini kalau sebelum-sebelumnya kita ada tambahan-tambahan pendapatan belanja tetapi kali ini di perubahan 2020 ini, justru kita mengalami penurunan baik pada pendapatan maupun belanja,” bebernya.

Menurut dia, dalam situasi pandemi Covid-19 harus dilaporkan lagi kepada tim evaluasi ini, bahwa dari anggaran induk APBD 2020 Kabupaten Kepulauan Sitaro, pendapatan penerimaan kurang lebih Rp 703 miliar sementara berjalan.

Karena Covid-19, ada beberapa sumber penerimaan kita dipotong. DAU kurang lebih ada Rp 42 miliar dipotong, DIDnya Rp 5 miliar, DAK ada kurang lebih Rp 30 miliar. Total Rp 77 miliar.

“Oleh karena itu, sehubungan dengan pengurangan-pengurangan ini kami lakukan juga alokasi dana untuk penanganan Covid-19 kurang lebih Rp 59 miliar,” jelasnya.

Dia menambahkan, belanja-belanja yang sifatnya pada torispending pendidikan mengalami pengurangan atau tidak memenuhi standar. Kesehatan kita mengalami kenaikan sedikit 10-14 persen. Begitu pula untuk belanja inspektorat dan lain sebagainya.

“Tentunya hari ini kami mohon dapat dimaklumi, bahwa semua sumber daya dana dan lain sebagainya terfokus pada penanganan Covid-19,” kuncinya.

Turut hadir Asisten Administrasi Umum Setda Denny Kondoj, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (P2KAD) Rolly Korengkeng, dan tim TAPD Kabupaten Kepulauan Sitaro. (cw-04/ite)

-

Artikel Terbaru

Selisih dengan CEP-SSL 40%, Ini Alasan OD-SK Tetap Perkasa

MANADOPOST.ID—Petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw sangat perkasa. Tingkat elektabilitas mencapai 64,3. Selisih dengan jawara kedua Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) capai 40 persen. Di mana paslon nomor urut 1 ini hanya mendapat 22,3 persen.

LSI: OD-SK Unggul 64,3

MANADOPOST.ID—Kurang dari dua bulan pelaksanaan pilkada 9 Desember mendatang, pasangan incumbent Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) tetap bertengger di posisi pertama.

Pjs Bupati Minsel Warning Kepsek

MANADOPOST.ID—Pjs Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala, kembali mengeluarkan warning keras. Kali ini, diarahkan ke kepala sekolah (kepsek) di Minsel. Terkait sikap dalam menghadapi kontestasi Pilkada 2020.

Ketua Bapilu Demokrat Dukung JPAR-Ai

MANADOPOST.ID--Target utama Partai Demokrat merebut kemenangan di Kota Manado sepertinya tak didukung kader sendiri. Teranyar, Ketua Bapilu Demokrat Sulut Darmawati Dareho memilih mendukung pasangan calon Julyeta Paulina Amelia Runtuwene-Harley Mangindaan (JPAR-Ai). Dibanding memenangkan Ketua Demokrat Sulut Mor Bastiaan yang berpasangan dengan Hanny Joost Pajouw.

Anggaran JKN-KIS Minahasa Digeser Tangani Covid-19

MANADOPOST.ID—Pandemi Covid-19 di Kabupaten Minahasa berdampak pada pergeseran anggaran. Salah satunya pergeseran anggaran yang dilakukan terhadap pembayaran iuran BPJS Kesehatan.