26C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Urai Kepadatan, Pasar Ondong Dibuka Tiap Hari

MANADOPOST.ID- Untuk mengurai kepadatan dan megantisipasi tidak adanya pedagang di Pasar Ondong, Kecamatan Siau Barat (Sibar) yang datang berjualan di Pasar Ampera Ulu Siau, Kecamatan Siau Timur (Sitim) dan sebaliknya, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akan mengizinkan pasar di buka setiap hari.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen saat melaksanakan kunjungan di Pasar Ondong dalam rangka pemantauan untuk persiapan pemberlakuan pembukaan pasar setelah tanggal 25 Januari nanti.

“Jadi setelah tanggal 25 Januari 2021 mendatang, maka Pasar Ondong akan di buka setiap harinya,” ungkap bupati di dampingi Wakil Bupati (Wabup) Jhon Palandung dan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Herry Bogar, serta Ketua DPRD Sitaro Djon Pontoh Janis, Rabu (20/1) kemarin.

Lanjut orang nomor satu di Bumi Karangetang ini, untuk saat ini pasarnya hanya dijadwalkan di hari Senin, Rabu, dan Jumat. Namun setelah tanggal 25 Januari nanti maka Pasar Ondong akan dijadwalkan di buka setiap harinya.

“Jadi Pasar Ondong akan direncanakan beroperasi setiap hari, sehingga para penjual atau pedagang yang ada di Pasar Ondong tidak perlu lagi berjualan di Pasar Ampera Ulu Siau demikian sebaliknya,” jelas istri Anggota DPRD Provinsi Sulut Dr Toni Supit ini.

Dan hal ini pun bukan hanya berlaku bagi para pedagang, namun juga kepada para pembeli. Sehingga diharapkan dan diimbau kepada masyarakat (pembeli, red) yang berdomisili di Kecamatan Sibar untuk dapat berbelanja di Pasar Ondong dan tidak perlu lagi ke Pasar Ampera Ulu Siau. Begitu juga yang berdomisili di wilayah Kecamatan Sitim tak perlu lagi ke Pasar Ondong.

Hal ini dilakukan pemerintah untuk mengurai kepadatan di kedua pasar tersebut, dan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Sitaro. Karena apalagi di Pasar Ampera Ulu Siau banyak di kunjugi oleh masyarakat.

“Untuk itu diimbau terus kepada seluruh masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan terus menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan di air yang mengalir dengan menggunakan sabun, dan menjaga jarak. Dan juga saya pun tetap mengimbau kepada pedagang pasar untuk lebih memperhatikan kebersihan di setiap lingkungan pasar,” tutur bupati.

Karena perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan hal sangat penting apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini.

Sehingga kunjungan bupati yang juga di dampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sitaro Richard Sasombo, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Sitaro Mondfitje Wengen, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Harold Kalangit, dan Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Informasi Publik Alisa Yukiko Meruntu melakukan edukasi dan imbauan kepada para pedagang agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Bupati pun mengharapkan, dengan di bukanya Pasar Ondong setiap hari semoga dapat mengurai kepadatan di tengah pandemi Covid-19 dan dapat menekan angka kasus terkonfirmasi virus corona di Negeri 47 pulau ini.

“Dan sangat di harapkan pula, bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk dapat berbelanja di Pasar Ondong pada hari Selasa, sedangkan untuk masyarakat umum pada hari Senin,” kuncinya. (cw-04/ewa)

Artikel Terbaru