28.6 C
Manado
Kamis, 13 Mei 2021
spot_img
spot_img

Masuk Sitaro Wajib 3M

MANADOPOST.ID—Meski Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah memberikan kelonggaran aturan pembatasan kegiatan selama masa pandemi coronavirus disease atau Covid-19, namun pengawasan tentang 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) tetap dilakukan oleh tim satuan tugas percepatan penanganan Covid-19.

Hal ini dilakukan pemerintah kabupaten dikarenakan penyebaran virus corona di daerah tersebut sudah relatif terkendali. “Tapi penerapan protokol kesehatan wajib tetap dilakukan oleh seluruh masyarakat di Kepulauan Sitaro,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Sitaro Semuel Raule.

Menurut Semuel, bahwa saat ini tim satuan tugas yang tergabung didalamnya tetap melakukan pengawasan dan pemantauan di tiap pintu-pintu masuk yakni di pelabuhan yang tersebar di Bumi Karamando. Bahkan pemantauan tentang penerapan protokol kesehatan juga dilakukan di pasar, pertokoan, atau tempat-tempat ramai.

“Memang untuk screening di pelabuhan sudah tak ada lagi. Namun tetap ada tim satuan tugas yang mengawasi dan memantau terkait dengan 3M itu. Jadi memang para pelaku perjalanan atau masyarakat yang melakukan perjalanan ke luar daerah dan akan kembali ke Sitaro tak lagi di screening dan dimintai surat keterangan hasil rapid test antigen yang menunjukan hasil negatif Covid-19,” ucapnya.

Lebih lanjut Semuel menjelaskan, bahwa posko satuan tugas baik dari tingkat kabupaten, kecamatan, dan hingga kampung hingga sekarang ini tetap melaksanakan pengawasan dan pemantauan disetiap wilayah masing-masing terkait penerapan protokol kesehatan.

“Karena penerapan protokol kesehatan wajib tetap dilakukan untuk mencegaha penyebaran virus corona di Kabupaten Kepulauan Sitaro. Dan juga patut disyukuri, karena Skarang ini semakin tingginya kesadaran masyarakat Sitaro dalam menerapkan protokol kesehatan. Dan juga penyebaran virus corona relatif terkendali,” jelas Semuel. (cw-04/ewa)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru