32C
Manado
Kamis, 21 Januari 2021

DPRD Usulkan Buka Jalur Pelayaran Amurang-Nusa Utara

MANADOPOST.ID–Ketua DPRD Sitaro Djon Pontoh Janis menyampaikan, bahwa pihaknya mengusulkan agar ada jalur pelayaran Amurang ke wilayah Nusa Utara.

Hal tersebut diusulkan DPRD saat melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) beberapa waktu lalu di Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Menurutnya, beberapa waktu lalu pihaknya melakukan Kunker di Dinas Pertanian dan Dishub.

Dan kalau di dinas perhubungan kami berkonsultasi terkait dengan bagaimana mengoptimalkan pelayanan untuk masyarakat terlebih khusus 2 kapal yaitu KMP Lokong Banua dan KMP Lohoraung. Dan juga kami mengusulkan kalau bisa KMP Lokong Banua dan KMP Lohoraung, membuka jalur Amurang, Sangihe dan Talaud.

“Kami hanya sebatas usulan saja. Kalau bisa dibuka jalur pelayaran Amurang, Sangihe, dan Talaud. Dimana itu menghubungkan tiga kabupaten. Kan kalau Sitaro sudah ada jalut pelayaran saat ini,” katanya.

“Namun penjelasan dari Satker Sulut, bahwa untuk tahun depan dari kementerian tidak lagi mengadakan kapal. Mereka hanya bisa menyewa. Jadi hanya sistem sewa, kemudian diberikan kepada pihak pengelola atau perusahaan milik daerah. Dan kalau dipikir pihak pengelola ini tidak rugi,” ujarnya.

Memang lanjutnya, pada 2020 ini karena rekopusi ada pengurangan biaya, sehingga KPM Lokong Banua dari Bitung ke wilayah Tagulandang tidak di subsidi.

“Kan sebenarnya kapal ini disubsidi. Namun untuk tahun 2021 pihak Satker melalui kepala Satker wilayah 22, dia menyampaikan bahwa sudah melakukan surat permohonan ke kementerian dan sudah disetujui. Dan mudah-mudahan, tahun 2021 sudah ada subsidi lagi pelayaran Bitung Tagulandang,” tambahnya.

Kemudian ditambahkannya, mereka memberikan apresiasi kepada BUMD yang ada di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

“Dimana pengelolaannya sangat baik dan luar biasa. Dan menjadi salah satu pemgelola BUMD pelayaran terbaik di Sulut,” kuncinya. (cw-04)

Artikel Terbaru