26C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Pasar Ondong Beroperasi Enam Hari

MANADOPOST.ID–Sejumlah pedagang di Pasar Ondong Kecamatan Siau Barat (Sibar) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam hal ini Bupati Evangelian Sasingen, Wakil Bupati (Wabup) Jhon Heit Palandung, dan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Herry Bogar.

Salah satu Pedagang Pasar Ondong Joice Rasubala menyampaikan ungkapan syukur karena pada akhirnya pemerintah memberikan izin bagi pedagang Pasar Ondong untuk bisa berjualan dari hari Senin sampai dengan Sabtu. Dan hal ini akan berlangsung mulai esok (hari ini, red).

“Tentu hal ini sangat kami apresiasi dan sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah, karena telah melaksanakan operasi Pasar Ondong mulai hari Senin sampai dengan Sabtu,” ungkap Joice.

Dan dengan adanya ini tambah Anis Lohonauman yang mengaku pedagang Pasar Ondong, bahwa dapat meningkatkan pendapatan para pedagang karena bisa berjualan hingga enam hari. Karena sebelumnya Pasar Ondong hanya beroperasi tiga hari yakni Senin, Rabu, dan Jumat. Karena sebelumnya hanya tiga hari, otomatis ada beberapa pedagang pada hari lainnya harus berjualan di Pasar Ampera Ulu Siau.

“Ya kalau kami masyarakat Ondong dan berjualan ke Pasar Ampera Ulu Siau tentu harus mengeluarkan biaya lagi untuk ke sana, karena jaraknya kan jauh dari Kecamatan Siau Barat harus pergi ke Kecamatan Siau Timur. Kalau sekarang kan tak perlu lagi ke Pasar Ampera Ulu Siau,” bebernya.

Kata Anis, di tengah pandemi wabah virus corona ini mereka sebagai masyarakat biasa sangat-sangat merasakan dampak dari Covid-19 ini.

“Seperti tahun lalu yang ongkos kirim kapal itu mahal sekali, membuat kami para pedagang bingung untuk menjual Bawang Rica Tomat (Barito). Ya, kalau jual terlalu mahal pembeli tidak mau beli. Jadi dari pada busuk makanya tetap jual, yang penting balik modal. Dan ada banyak lagi dampak dari virus corona ini, seperti juga berkurangnya pembeli,” jelasnya.

Namun meski demikian, dirinya tetap bersyukur pada akhirnya lewat kondisi seperti ini Pemkab membuka operasi Pasar Ondong mulai hari Senin sampai dengan Sabtu.

“Seperti pepata mengatakan bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian. Nah, kalau lalu kan kami harus bersusah-susah ke Pasar Ampera Ulu Siau, nah mulai esok (hari ini, red) kan sudah tidak lagi. Karena Pasar Ondong sudah buka setiap enam hari,” tuturnya.

Terpisah Bupati Evangelian Sasingen sebelumnya pernah menyampaikan, dengan diberlakukannya pembukaan Pasar Ondong mulai dari hari Senin sampai dengan Sabtu dan akan berlangsung mulai tanggal 26 Januari 2021 salah satu tujuannya adalah untuk mengurai kepadatan dan mengantisipasi tidak adanya pedagang di Pasar Ondong, yang datang berjualan di Pasar Ampera Ulu Siau.

“Hal ini dilakukan pemerintah daerah agar tidak akan terjadi kerumunan di Pasar Ampera Ulu Siau, untuk mencegah penyebaran virus corona di Kepulauan Sitaro,” ucap bupati sembari mengimbau kepada seluruh pedagang baik di Pasar Ondong dan Pasar Ampera Ulu Siau untuk tetap menjaga kebersihan di lingkungan pasar dan lapak, serta tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan terus menerapkan 3M yakni memakai makser, mencuci tangan menggunakan sabun di air bersih yang mengalir, dan menjaga jarak. (cw-04/ewa)

Artikel Terbaru