23C
Manado
Minggu, 11 April 2021

Didepan Kemendikbud, Sasingen Minta Bus Sekolah

MANADOPOST.ID—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengusulkan bantuan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memberikan 1 unit bis sekolah bagi siswa Sekolah Dasar (SD) di wilayah Biaro.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen saat melakukan audiensi dengan Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud Sri Wahyuningsih, dan Koordinator Tata Kelola Direktorat Sekolah Dasar Supriatno, yang menerima secara langsung pemerintah kabupaten.

Bahkan dalam kunjungan tersebut bupati juga meminta bantuan 1 unit perahu untuk menunjang transportasi siswa SD di wilayah kecamatan kepulauan. Karena terletak di wilayah kepulauan, maka hal ini sangat diperlukan untuk memberikan kesejahteraan dan kenyamanan kepada siswa/siswi.

“Jadi ini yang kita usulkan saat melakukan audiensi dengan Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” ucap Sasingen, dengan harapan usulan ini dapat diterima dan akan dapat direalisasikan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa hasil dari pelaksanaan audiensi tersebut pertama, perencanaan rehap sekolah tingkat sedang dan berat juga merupakan pemenuhan sarana TIK dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dimasukkan dalam aplikasi KRISNA (Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran) dan akan dievaluasi oleh Kemendikbud.

“Apabila memenuhi syarat, maka akan ditindaklanjuti oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia untuk rehap dan pelaksanaan unit sekolah baru dan Kemenkominfo untuk sarana TIK,” ujar Sasingen.

Dan hasil udiensi tersebut yang kedua yaitu, di mana permohonan sarana transportasi untuk menunjang pendidikan diarahkan untuk diusulkan ke Kementerian Perhubungan.

“Dan pemerintah daerah diharapkan melakukan pemetaan kembali terkait keberadaan sekolah yang ada dan melakukan regrouping untuk sekolah-sekolah yang jumlah siswanya sedikit,” tambah Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud Sri Wahyuningsih. (cw-04/ewa)

Artikel Terbaru