23C
Manado
Minggu, 11 April 2021

Usulan Sarana Perdagangan Masuk Kemendag

MANADOPOST.ID—Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melakukan audiensi bersama dengan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Republik Indonesia, Jerry Sambuaga, di Gedung Kementerian Perdagangan RI di Jakarta, Kamis (25/3) lalu.

Bupati yang didampingi Asisten Administrasi Umum Denny Kondoj, dan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Tenaga Kerja (Disperindagnaker) Daviet Jacob, melakukan audiensi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

Dalam pelaksanaan audiensi tersebut, pemerintah kabupaten telah mengusulkan beberapa sarana perdagangan bagi pelaku usaha diantaranya pertama, Kepulauan Sitaro mengusulkan bantuan untuk sarana perdagangan bagi pelaku usaha yaitu rombong motor untuk jualan bagi pedagang kuliner atau sayuran, gerobak jualan untuk pedagang keliling dan coolbox.

“Dan khusus coolbox ini sangat dibutuhkan oleh pengusaha perikana, karena di Kepulauan Sitaro belum ada cold storage,” ungkap bupati perempuan pertama di Kepulauan Sitaro ini.

Lebih lanjut Sasingen menyampaikan, bahwa pihaknya juga mengusulkan bantuan peralatan kemetrologian dan kendaraan operasionalnya. “Dan kedua usulan ini telah diterima oleh pak Wamendag dan akan berupaya untuk merealisasikannya, yakni berupa paket peralatan tera/tera ulang alat ukur surat mobil operasional untuk muat peralatan tera secara mobile,” jelas Sasingen.

Dan dalam kesempatan tersebut juga, pemerintah kabupaten diterima oleh pak Wamendag. Dan beliau juga sangat mengapresiasi kedatangan kita untuk audiensi terkait pembangunan di bidang perdagangan termasuk untuk revitalisasi pasar rakyat. Dan pak Wamendag juga berkerinduan untuk dapat berkunjung ke Kepulauan Sitaro.

Bahkan hasil dari audiensi tersebut juga Kementerian Perdagangan akan memfasilitasi bantuan untuk Sistem Resi Gudang (SGR) dalam upaya membantu petani ketika harga komoditi yang tidak stabil.

“Komoditi tersebut bisa disimpan di gudang sampai harga kembali stabil, sehingga petani tidak mengalami kerugian pasca panen. Dan Kemendag juga akan memfasilitasi terkait kemudahan akses perbankan bagi pihak swasta yg ingin membangun SRG, serta akan mensuport pemerintah daerah terkait rencana pembangunan dalam bidang perdagangan untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” kunci Sasingen. (cw-04/ewa)

Artikel Terbaru