27C
Manado
Rabu, 27 Januari 2021

Manfaatkan APBN-APBD Tepat Sasaran

MANADOPOST.ID–Bupati Sitaro Evangelian Sasingen didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Herry Bogar mengikuti kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) untuk Tahun 2021 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan RI dilaksanakan secara virtual, Rabu (25/11). Penyerahan DIPA dan TKDD tahun-tahun sebelumnya dihadiri secara langsung oleh seluruh kepala daerah se-Indonesia.

Tahun ini dilakukan secara langsung dalam skala terbatas dan diikuti secara virtual oleh para kepala daerah dan Menteri Keuangan serta seluruh pejabat Ditjen Perbendahaaan, Ditjen Anggaran, dan Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan se-Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, DIPA dan TKDD merupakan dokumen APBN yang menjadi acuan bagi seluruh pimpinan, para pimpinan lembaga, dan kepala daerah dalam melaksanakan program pembangunan pemerintah di dalam mewujudkan visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden, yaitu Indonesia Maju.

Lanjutnya, DIPA dan TKDD tersebut merupakan dokumen APBN yang menjadi acuan berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 tahun 2020 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2021.

“Dan berharap agar DIPA kementerian/lembaga dan Daftar Alokasi TKDD Tahun 2021 dapat segera ditindak lanjuti sehingga kegiatan dapat dilaksanakan segera diawal Tahun 2021,” harapnya.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo menegaskan, Tahun 2020 merupakan Tahun yang sangat sulit bagi seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Namun bukan berarti Tahun depan tidak dipenuhi dengan ketidak pastian.

“Di Tahun 2021 kita juga masih menghadapi ketidak pastian, karena ekonomi global penuh dengan ketidak pastian. Untuk itu kecepatan, ketepatan dan akurasi akan tetap menjadi karakter dalam kebijakan yang ditempuh pemerintah baik di bidang kesehatan maupun ekonomi,” ungkapnya.

Maka dari itu katanya, pelaksanaan APBN 2021 akan berfokus pada empat hal yaitu penanganan kesehatan, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi Nasional serta mekakukan reformasi struktural.

Bahkan dalam kesempatan tersebut Presiden meminta seluruh Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota untuk melakukan reformasi anggaran yang bisa menggerakan ekonomi, baik Nasional maupun di daerah.

“Manfaatkan APBN dan APBD dengan cermat, efektif tepat sasaran,” pungkasnya. (cw-04/ite)

Artikel Terbaru