27C
Manado
Rabu, 27 Januari 2021

Publikasi Kesehatan Hingga Keliling Kampung

MANADOPOST.ID–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melalui tim publikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaksanakan publikasi keliling di seluruh kampung yang tersebar wilayah Tagulandang.

Hal ini terus dilakukan Pemkab untuk membuat masyarakat Sitaro tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menjadikan ini sebagai gaya hidup.

Dalam publikasi tersebut, tim publikasi Dinas Kominfo secara bergantian menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan termasuk tidak menyelenggarakan pesta atau kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

“Bila tidak, akan dikenakan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Informasi Publik Sitaro Fitria Onthoni saat melaksanakan publikasi di wilayah Tagulandang.

Dilanjutkan Ithi sapaan akrabnya, bahwa pihaknya juga menyampaikan kepada masyarakat yakni bagi pelaku perjalanan yang ber ktp di luar Sitaro wajib menunjukkan keterangan hasil rapid test non reaktif dari klinik resmi.

Jika tidak dapat menunjukan surat keterangan tersebut, maka akan dirapid di terminal kedatangan pelabuhan Tagulandang dan dikenakan biaya 140 ribu, sesuai dengan peraturan daerah tentang retribusi jasa umum.

“Apabila hasil rapid reaktif maka akan diisolasi di rumah tunggu yang telah disediakan oleh pemerintah daerah,” katanya.

Dan bagi masyarakat ber ktp Sitaro yang akan berangkat keluar daerah harus membawa surat keterangan berbadan sehat dari puskesmas terdekat.

Surat keterangan tersebut akan menjadi dokumen yang akan diperiksa saat kembali ke Sitaro. Apabila meninggalkan daerah lebih dari 7 hari maka wajib membawa surat rapid tes non reaktif.

“Jika tidak, maka akan dilakukan rapid tes di terminal kedatangan pelabuhan. Selanjutnya bila hasil rapid reaktif maka akan diisolasi di rumah tunggu yang disediakan oleh pemerintah daerah,” tuturnya sembari menambahkan, bahwa kegiatan publikasi berlangsung selama 3 hari sejak Jumat hingga Minggu. (cw-04)

Artikel Terbaru

Golkar Copot JAK dari Ketua Harian

Pelaku Curat Ditembak Petugas

Lusa, KPU Hadapi Sidang MK