25.9 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

BBM di Sitaro Bakal Satu Harga

MANADOPOST.ID-Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Sitaro bakal menjadi satu harga. Karena dua dua unit APMS hasil perjuangan Komisi II DPRD dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro akan segera dibangun.

“Direncanakan akhir bulan ini mereka akan memasang. Dan sudah ada pompa di APMS. Sehingga penjualan minyak menggunakan mesin pompa BBM. Jadi sudah satu harga,” ungkap Ketua DPRD Sitaro Djon Pontoh Janis.

Menurut dia, APMS tangki khusus dengan perkiraan penjualan sebesar 40-200 kiloliter. Penyaluran menggunakan mesin pompa atau sarana lainnya dan sarana penimbunan menyesuaikan dengan volume pengiriman kapal.

Kerena lanjutnya, untuk Sitaro selama ini pembelian minyak menggunakan liter. Dan dewan beberapa bulan lalu telah melakukan rapat dengar pendapat umum dengan pihak PT. Karya Maranta sebagai agen penyalur BBM di Siau, untuk menyediakan alat pompa minyak.

“Jadi akhirnya mereka menyanggupi hal tersebut, dan ditindaklanjuti ke Pertamina Manado. Jadi dari Pertamina Manado telah menyampaikan bahwa, ada tim dari Makassar akan memasang,” tuturnya.

Janis mengungkapkan, sistem penjualannya menggunakan mesin pompa. Dan dari Pertamina pun akan memikirkan cara yang terbaik, agar penyaluran ini tersalurkan dengan baik kepada masyarakat.
“Dan di Kelurahan Ondong juga, akan direncanakan pembangunan APMS. Jadi bukan hanya di Kelurahan Ulu Kecamatan Siau Timur, tetapi juga di Kecamatan Siau Barat, di Ondong,” bebernya.

Nantinya, untuk wilayah Siau Barat (Sibar) akan membeli minyak di APMS Ondong dan tidak lagi ke Ulu. Kalau sekarang kan hanya masih menggunakan liter dan hanya beberapa hari saja. Tetapi jika telah tersedianya APMS maka pelayanan akan tiap hari. Ini juga untuk mengantisipasi kelangkaan BBM. Karena dengan adanya APMS maka minyak bisa terukur.

“Sebab dengan adanya kelangkaan minyak, maka akan ada banyak spekulan-spekulan yang mencari keuntungan besar. Tentu itu akan memberatkan masyarakat, apalagi dikondisi pandemi seperti ini,” ungkapnya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, jika di Siau ada APMS maka BBM seharga. Misalnya untuk minyak bensin per liternya Rp 6,400 lebih per liter. Itu memang harga saat ini yang berlaku di APMS seluruh Indonesia.

Tapi kalau di Sitaro dari APMS masuk ke eceran, berarti harganya sudah berada di atas Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per liternya. Karena pertimbangan mereka adalah ukurannya tidak sesuai dengan jumlah yang dibeli. Contoh membeli seharga 25 liter ternyata setelah diukur hanya 22 liter. Jadi kalau pengecer hanya menyusun keuntungan sedikit, maka mereka akan rugi.

“Untuk itu lah maka dipasang lah mesin pompa, agar ukurannya pas atau sesuai standar. Dan tentu harganya pun sama. Karena perintah pak presiden itu, seluruh Indonesia itu satu harga. Baik itu di Papua hingga di ujung Indonesia bagian Utara, Timur, Selatan, Barat, itu harus satu harga. Jadi di Siau BBM juga satu harga,” tuturnya.

Dia pun menambahkan, dengan adanya APMS ini maka pihaknya bersama pemerintah sudah bisa mengatasi kelangkaan BBM yang ada. Ini otomatis berdampak pada penurunan harga BBM. “Biaya semua alat transportasi akan turun. Tentu ini satu hal yang diharapkan dan didamba-dambakan masyarakat Sitaro,” pungkasnya (cw-04/ite)

-

Artikel Terbaru

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.

Operasi Zebra di Minahasa Jaring Puluhan Pelanggar

MANADOPOST.ID--Senin (26/10) kemarin adalah hari pertama digelarnya Operasi Zebra Samrat 2020. Khusus untuk wilayah Polres Minahasa, puluhan personil terlibat dalam operasi tersebut.

80-an Pasangan Bulutangkis Ramaikan GOR Betania Teling

Pecinta bulutangkis Sulawesi Utara memang dahaga. Terbukti, 80-an pasangan ikut serta dalam iven bertitel Manado Post Open 2020.

Belum 17 Tahun Bisa Memilih, Begini Penjelasan KPU

MANADOPOST.ID--Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020, saat ini tengah memasuki pelaksanaan tahapan kampanye. Meski begitu, literasi dan edukasi, tentang data pemilih terus menjadi concern KPU Kota Tomohon.