29 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

King Air Pesawat Pertama Landing di Siau

MANADOPOST.ID–Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melaksanakan kalibrasi pesawat jenis King Air 350i PK-CAQ, di Bandar Udara (Bandara) Balirangen Siau, Kecamatan Siau Timur Selatan (Sitimsel), Rabu (28/10) kemarin.

Pesawat jenis King Air 350i perdana mendarat di Bandara Balirangen Siau dengan pilot Kapten Wahyudi. Dan dalam kesempatan tersebut, Bupati Sitaro Evangelian Sasingen menyambut baik kalibrasi yang dilakukan hari ini (kemarin, red) yang juga tepat pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020. Ini menjadi momen bersejarah bagi Sitaro. Dan perdana pesawat mendarat di Bandara Balirangen Siau.

“Sangat bersyukur sekali karena di momen bersejarah yakni Hari Sumpah Pemuda, merupakan perdana pesawat landing di Bandara Balirangen Siau,” ungkap bupati.

Menurut bupati, sebenarnya jadwal untuk peresmian Bandara sudah ada. Namun karena pandemi Covid-19 maka tertunda lagi.

“Dan mungkin setelah adanya kalibrasi ini akan ada jadwal untuk peresmian Bandara ini,” ujarnya.

Bupati mengharapkan, sesudah dilaksanakan kalibrasi ini maka Bandara sudah siap untuk diresmikan dan segera beroperasi. Dan yang pastinya Pemerintah Kabupaten( Pemkab) telah mengambil berbagai langkah yang diperlukan untuk persiapan peresmian Bandara.

“Dan pasti kami dan seluruh masyarakat sangat mengharapkan Bandara Balirangen Siau, bisa diresmikan oleh Presiden RI. Pun dapat melihat secara langsung keberadaan Kabupaten Kepulauan Sitaro yang merupakan daerah perbatasan,” tutur bupati.

Sementara itu, Kepala Bandara Naha Satuan Pelayanan Siau Dwi Aryanto mengatakan, hari ini (kemarin, red) kita melaksanakan kalibrasi penerbangan.

Dan ini pun merupakan amanah dari Peraturan Menteri Perhubungan 77/2015, bahwa setiap fasilitas Bandara harus dilakukan kalibrasi dan standarisasi.

“Dan misi Balai Kalibrasi saat ini hadir ke Siau adalah melaksanakan kalibrasi fasilitas alat bantu pendaratan di Bandara Siau,” tuturnya.

Kemudian setelah dilakukan kalibrasi katanya, nanti kita melaksanakan legalitas dari pengoperasian Bandara. Untuk sertifikat Bandara sudah kita proses.

Dan dalam satu dua Minggu ini sudah bisa keluar surat sertifikat Bandara. “Dan kita dinyatakan siap sebagai Bandara yang siap dioperasikan,” ujarnya.

Terkait dengan peresmian katanya, sebenarnya sudah mulai Oktober minggu ke dua pihaknya telah mempersiapkan Bandara Siau.

Dan kemudian sudah melakukan beberapa kali rapat dengan Kemenhub dan juga sudah kita usulkan ke Sekretaris Negara (Sekneg).

“Namun untuk jadwal peresmiannya masih menunggu dari Sekneg. Jadi secara persiapan kami sudah menyiapkan, namun tinggal menunggu jadwal dari Sekneg untuk pelaksanaan peresmian,” jelasnya.

Ditambahkan Pilot Kapten Wahyudi, bahwa mereka dapat Surat Tugas (ST) untuk melaksanakan kalibrasi di Bandara Balirangen Siau. Yang dicek adalah lampu Precision Approach Path Indicator (PAPI) atau alat bantu pendaratan pesawat di bandara tersebut.
“Salah satu tujuan pendaratan ini untuk menguji sistem Precision Approach Path Indicator (PAPI) atau alat bantu pendaratan pesawat di bandara tersebut,” ucapnya.

Tampak masyarakat begitu antusias menyaksikan pendaratan pertama pesawat di Bandara Balirangen Siau. Seperti yang beberkan Warga Kampung Peling Rudolof Jacob yang menyaksikan pendaratan perdana pesawat di Bandara Balirangen Siau.

Sebagai warga Sitaro katanya, mereka sangat berterima kasih kepada mantan Bupati Sitaro dua periode Toni Supit yang sudah memperjuangkan sehingga Sitaro memiliki Bandara. Bahkan hal ini pun di lanjut perjuangkan oleh ibu Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) saat ini.

“Ini merupakan kebanggan bagi kami sebagai masyarakat Sitaro. Hari ini pesawat mendarat di Siau. Terima kasih ibu bupati dan pak Wabup yang terus berjuang untuk kemajuan daerah tercinta ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sitaro Herry Bogar, Wakapolres Sitaro Kompol Haris Bingku, para Asisten Setda, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Kapolsek Siau Timur dan para camat di Wilayah Siau. (cw-04/ite)

-

Artikel Terbaru

AHY Hadiri Media Gathering, Lombok Dapat Ucapan Spesial

Ketua Umum Partai Demokrat Sulut Agus Harimurti Yudhoyono kunjungi Kota Manado.

Gokil! BLACKPINK Joget Ampun Bang Jago

Apa jadinya Jennie, Jisoo, Rose dan Lisa joget dengan lagu Ampun Bang Jago? Eits, bukan hoax! Aksi keempat member BLACKPINK tersebut benar nyata terjadi. Ini terlihat lewat potongan klip singkat yang diunggah di akun Instagram Tokopedia kemarin (24/11).

Bersama Mor-HJP, Bahagia Warga Manado

Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Nomor Urut 3 Mor Dominus Bastiaan-Hanny Jost Pajouw (Mor-HJP) berkomitmen menjadi orang yang paling melayani di Kota Doa dan Berkat.

Foto Simulasi Pencoblosan JPAR-Ai Sarat Rekayasa & Hoax

Wakil Ketua DPD Nasdem Kota Manado Arthur Rahasia secara tegas mengatakan, foto simulasi tatacara pencoblosan kertas suara yang dilakukan calon Wali Kota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) pada sesi closing statement acara debat publik yang dilaksanakan KPUD Kota Manado Selasa (24/11) malam yang beredar luas di publik adalah hoax dan sarat dengan rekayasa politik semata.

Kemanapun Berkunjung, VAP Selalu Didoakan Warga jadi Pemimpin Sulut

Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh adalah sosok yang tak kenal lelah. Di tengah kesibukannya sebagai calon Gubernur Sulut, VAP-sapaan akrab Panambunan, selalu menyempatkan diri memenuhi undangan dan menjawab keinginan warga.