31 C
Manado
Selasa, 14 Juli 2020

Keluarga Pasien Positif Covid-19 Dikarantina

Warga Sitaro yang Positif Covid-19 Terpapar Saat Berobat di Manado

MANADOPOST.ID—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melakukan pemeriksaan rapid test dan swab kepada keluarga pasien 1050 asal Sitaro yang terpapar virus corona disease 2019 (Covid-19).

Dalam konferensi pers di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sitaro, Senin (29/5) kemarin, Ketua GTPP Covid-19 yang juga Bupati Kepulauan Evangelian Sasingen menyampaikan, memasuki pekan terakhir bulan ini, Sitaro tercatat di WHO, satu orang positif yang terpapar di virus corona.

“Sebenarnya terpapar ini adalah seorang ibu yang memang sudah komplikasi dalam penyakitnya dan sudah berobat di Manado, dan terpapar ketika berada di Manado. Tapi tercatat di Sitaro karena merupakan penduduk Sitaro” ungkap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan, hal ini pun menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah (Pemda) untuk kasus tersebut. Dan sebagai langkah-langkah dari Pemda, pihaknya dengan cepat melakukan pemeriksaan kepada keluarga yang pernah kontak dengan pasien tersebut.

“Pada hari Sabtu, seluruh keluarga dekat yang di Sitaro yang sudah kontak dengan pasien positif, sudah diadakan rapid test. Dan bersyukur hasilnya negatif,” ujar Bupati.

Tapi pihaknya akan terus memantau selama 10 hari ke depan, keluarga yang sementara melaksanakan isolasi. Dan ada lima orang yang di-swab dan tujuh orang yang di-rapid test. Langkah cepat dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Jangan sampai ada yang ikut terpapar,” terangnya.

Lanjutnya, dengan adanya kasus positif Covid-19 di Sitaro maka penjagaan di tiap pelabuhan akan diperketat lagi. Sebagaimana yang telah di jalankan tim gugus tugas selama tiga bulan lebih.

Tentu dengan adanya kasus ini kata Bupati, maka Pemda memperketat lagi pengawasan kepada pelaku perjalanan yang akan tiba di Sitaro.

Untuk itu, Pemda sudah mengimbau kepada masyarakat Sitaro yang berada di luar daerah dan kepada masyarakat lainnya yang memiliki niat untuk berkunjung ke Sitaro, diimbau untuk sementara tidak datang ke Sitaro.

“Mari kita sama-sama mencegah penyebaran virus corona, agar Sitaro tetap bersih dari wabah yang sedang dialami saat ini,” ucapnya.

Terkait status tiga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) itu bukan pelaku perjalanan, namun ada keluarga mereka yang datang dari luar daerah beberapa pekan lalu, oleh sebab itu saat ini sementara melaksanakan isolasi dan terus dipantau kesehatan mereka oleh gugus tugas.

“Alasan-alasan seperti inilah, maka kami pemerintah menegaskan bagi mereka yang berkunjung dari luar daerah ke Sitaro untuk sementara tidak dulu datang. Tidak banyak keunjungan ke disini dan tetap mematuhi aturan protokoler alah satunya isolasi. Maka kami yakin Sitaro terbebas dari virus corona,” yakin Bupati.

Salah satu masyarakat Ulu yang tak mau namanya dikorankan menjelaskan, pasien sudah lama di Manado dan tidak lagi kembali ke Sitaro karena sementara menjalani perawatan dari dokter.

“Ya ibu tersebut sudah lama di Manado karena sementara cuci darah. Ya mungkin terjangkit disana. Kata informasi yang saya dapat, bahwa dia anfal kemudian dibawa ke RS Prof Kandou Malalayang dan dimasukkan di UGD. Tapi saya tidak tahu apakah benar seperti atau tidak,” singkatnya.

Diketahui, berdasarkan data TGTPP Covid-19 Sitaro tercatat status ODP 1, PDP 3, dan positif 1 orang. (cw-04/jen)

-

Artikel Terbaru

Terkait Penyaluran Bansos, Kumtua Tantang Warga Lapor Polisi

MANADOPOST.ID--Gencarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dalam mensosialisasikan penyaluran bantuan sosial dimasa pandemi Covid-19, baik Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial ke Masyarakat ternyata berbanding terbalik yang dilakukan Pemerintah Desa Koha Timur Kecamatan Mandolang yang dilaporkan wargannya akibat dugaan ketidak terbukaan dalam penyaluran bantuan tersebut.

Satu Pasien Positif Covid-19 Tempati Rumah Singgah Tounsaru

MANADOPOST.ID--Setelah disiapkan beberapa waktu lalu, rumah singgah yang disiapkan khusus tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan, kini sudah ditempati.

ROR: Setengah Warga Minahasa Sudah Tersentuh BST dan BLT

MANADOPOST.ID--Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring MSi (ROR) menyebut bantuan sosial yang yelah disalurkan pemerintah terhitung sudah setengah mencakup jumlah penduduk Kabupaten Minahasa.

Penutupan Kelurahan yang Belum Terpapar Covid-19 Ditunda

MANADOPOST.ID—Kabar penutupan sejumlah kelurahan yang belum terpapar Covid-19, mulai 16 hingga 19 Juli mendatang, ditunda pelaksanaannya. Itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Tomohon Yelly Potuh SS, dalam keterangan persnya, Senin (13/7) kemarin.

Polisi Amankan 350 Liter Captikus di Pelabuhan

MANADOPOST.ID--Sebanyak 350 Liter minuman keras (miras) ilegal jenis captikus yang di selundupkan di pelabuhan Melonguane menggunakan kapal KM Barcelona 2, berhasil di gagalkan Polres Talaud melalui Polsek Melonguane.