26 C
Manado
Sabtu, 5 Desember 2020

33 Warga Talaud Mengidap HIV/AIDS

MANADOPOST.ID– Kasus HIV/ AIDS di Kabupaten Talaud meningkat. Hal itu di sampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Maretnowadi  Anaada AMKL.

Menurut dia, dilihat dari data pada tahun 2017 ada 7 kasus HIV AIDS dan 2 kasus meninggal, untuk 2018 ada 7 kasus 5 yang meninggal. Namun untuk 2019 naik menjadi 15 Kasus dengan 8 kasus yang meninggal.

“Sementara untuk 2020 ada ketambahan 3 kasus HIV/AIDS. Jadi total 33 warga yang mengidap HIV AIDS di Talaud selang empat tahun terakhir ini, 15 yang meninggal dan delapan yang melakukan pengobatan,” ujarnya.

Dia membeber, yang paling banyak pengidap itu ada di Kecamatan Essang, Beo dan Gemeh dengan profesi pekerjaan pelaut, pekerja tambang yang bekerja di luar daerah dan baru datang ke Talaud.

“Jangan jauhi mereka atau dikucilkan dalam masyarakat. Melainkan mari kita beri motivasi kepada mereka agar tetap semangat dalam melanjutkan hidup,” tandasnya.(cw-02/ite).

-

Artikel Terbaru

Jasa Raharja Salur 35,1 Miliar Santunan Lakalantas

Hingga November PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Utara telah menyerahkan santunan kecelakaan lalu lintas sebesar Rp 35,1 miliar.

Tidak Perlu Percaya Hoax, PAHAM Masih Teratas

Pendukung fanatik dan militan paslon wali kota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) dan wakil wali kota Harley Mangindaan (AiM) tidak perlu merasa terganggu dengan upaya pembentukan opini miring yang disampaikan oleh lawan-lawan politik PAHAM terkait dengan hasil riset yang dilakukan lembaga survei Indobarometer yang menempatkan elektabilitas paslon PAHAM sudah mencapai 39,5 persen atau selisih 12,2 persen dengan paslon berikutnya.

Diutus Khusus, Pdt Arina dan Pelsus GMIM Doakan PAHAM

Masuknya nama Wakil Ketua Komisi W/KI Sinode GMIM Penatua Prof DAr Julyeta Amelia Paulina Runtuwene MS (JPAR) dan Ketua Komisi P/KB Wilayah Manado Timur IV Penatua Dr Harley Mangindaan, dalam daftar calon wali kota dan wakil wali kota Manado yang akan bertarung dalam pilkada 9 Desember mendatang, rupanya menjadi perhatian khusus BPMS GMIM.

Taman Baca Beroperasi 2021

Semakin berkembangnya zaman, namun disayangkan minat baca masyarakat semakin minim.

Bagi-Bagi Masker Gratis Cegah Covid-19

UPTD Puskesmas Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) turut serta mengampanyekan Gerakan Bersama (Gema) 3M Lawan Covid-19.