28C
Manado
Selasa, 9 Maret 2021

Pemkab Talaud Usulkan KEK, Tiga Tempat Disiapkan

MANADOPOST.ID–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Talaud terus berbenah dan mengenjot pembangunan, salah satunya mengusulkan 3 kawasan untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk mengenjot pertumbuhan ekonomi.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Drs Moktar Arunde Parapaga menerangkan, untuk pencanangan KEK saat ini sedang dalam proses.

“Saat ini pemerintah daerah masih meyakinkan pemerintah pusat, jadi apa saja regulator di telaah sampai ada regulasi KEK di Talaud, itu sementara yang lagi di bahas,”ungkapnya.

Jadi yang di genjot ini adalah kegiatan penunjang, terutama kegiatan ekonomi, karena muara dari KEK ini adalah pembangunan ekonomi. Lebih lanjut Wakil Bupati menuturkan, untuk kawasan yang di usulkan sendiri itu ada tiga tempat. Miangas, Nanusa, dan Gemeh.

“Untuk daerah Gemeh sendiri sekitar 500 Hektar yang Pemerintah daerah siapkan untuk menjadi kawasan khusus ekonomi(KEK), dan itu sudah beberapa kali di tinjau guna memastikan lokasi tersebut sudah siap. Mudah-mudahan proses yang pemerintah daerah perjuangan dalam tahun ini bisa di usulkan untuk menjadi daerah KEK,”terangnya.

Dirinya juga menekankan, ia meyakini pengusulan KEK ini dapat terealisasi.”Karena geografis talaud itu berbatasan dengan negara filipina. Apalagi di talaud sudah ada Bording cros area(BCA), nah ini yang di tingkatkan namun harus mempunyai regulasi yang jelas, berupa regulasi imigrasi, Bea Cukai. Dan semua harus ada di situ terutama di Miangas, Nanusa, Gemeh,” pungkasnya.(cw-02/ewa)

Artikel Terbaru