25 C
Manado
Kamis, 6 Mei 2021
spot_img

Kajati-Kajari Awasi Proyek di Talaud

MANADPOST.ID–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Talaud bersama pengacara negara (jaksa,red) Kajati Sulut dan Kajari Kepulauan Talaud kerja sama terkait pengawasan dan pendampingan pembangunan proyek di Talaud tahun anggaran 2021.

Wakil Bupati Kabupaten Drs Moktar Arunde Parapaga menerangkan, terkait kerjasama pendampingan dan pengawasan dari Kejati Sulut dan Kejari Talaud, Pemkab Talaud hanya melakukan langkah antisipasi.

“Jadi lebih baik kita menggunakan langkah prefentif, seperti mencegah terjadi penyalahgunaan anggaran, dan kualitas pekerjaan. Apalagi ada pembangunan strategis yang akan di kerjakan di talaud,” terangnya.

Dirinya menambahkan, diketahui bersama di Talaud itu akan di bangun depot dan rumah sakit bersekala internasional. “Karena Target Pemerintah saat ini, di Kabupaten Kepulauan Talaud menjadi rujukan internasional, sehingga kita membutuhkan pendampingan hukum,” ungkapnya.

Lebih lanjut top eksekutif Talaud ini mengungkapkan, kenapa perlu ada pendampingan hukum? “Karena nilai dari pembangunan proyek itu cukup besar. Dan kita tau bersama jaksa itu adalah pengacara negara, sehingga kami bekerja sama dengan Kajati Sulut dan Kajari Talaud untuk mencegah terjadinya korupsi,” pungkasnya.

Disamping itu Kepala Kejaksaan (Kejari) Kepulauan Talaud Agustiawan Umar mengatakan, terkait pembangunan mega proyek di Talaud yang anggarannya cukup besar, dari pihak Kajari Talaud mengusulkan Bupati dan Wakil Bupati agar meminta pendampingan hukum dari Kajati Sulut. “Karena untuk Kajari Talaud sendiri cukup besar juga tanggung jawab kita, untuk seluruh SKPD itu di dampingi Kajari Talaud,” terangnya.

Kejari yang akrab dengan awak media ini melanjutkan, untuk dua proyek besar ini merupakan icon Pemerintah Talaud. Lebih profesional dan lebih bertanggung jawab makanya di minta dari pihak Kajati Sulut.

“Sehingga menugaskan jaksa pengacara negaranya mendampingi. Pendampingan dan pengawasan ini, diawali sebelumnya dengan dilakukan pertemuan silahturahmi dengan ibu Kajati mewakili. Dan dilanjutkan dengan pemaparan yang di pimpinan pak Wabup dan pak Wakajati. Yang di paparkan dalam rapat, dari mana sumber dananya, berapa perencanaanya, dan bagaimana rencana kedepan,” pungkasnya.(cw-02)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru