25C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Warga Pesisir Pantai Diminta Waspada

MANADOPOST.ID–Sehubungan dengan cuaca ekstrim yang melanda Talaud angin kencang, dan gelombang tinggi, warga pinggir pantai di himbau untuk waspada antisipasi bencana alam, Selasa (16/2) kemarin.

Diketahui pemerintah daerah melalui forum pimpinan kecamatan beo, bersama instansi terkait Koramil Beo, Polsek Beo BPBD mengadakan sosial kepada warga untuk waspada, terutama rumah warga yang berada di bibir pantai.

Dengan turun langsung ke Desa Ruso, Niampak, dan Torohan serta seputaran Pantai BBC yang notabene banyak rumah warga yang tinggal di bibir pantai.

Kapolsek Beo Ipda Johan Atang mengatakan, bahwa pihaknya telah memberikan himbauan kepada warga yang tinggal di seputaran pesisir pantai, agar waspada terhadap keadaan Alam, seperti angin yang keras serta gelombang tinggi bahkan abrasi pantai.

“Kami meminta dengan tegas kepada para warga agar antisipasi jangan sampai adanya korban akibat dampak gelombang dan angin bagi warga dipesisir pantai,” katanya.

Dirinya juga minta warga agar segera berpindah tempat atau meninggalkan wilayah pantai yang rawan akan gelombang tinggi dan anging yang keras. Dimana berdampak merusak rumah warga hingga menimbulkan korban jiwa.

Kapolsek juga menekankan, warga harus sangat berhati-hati dan lakukan upaya-upaya antisipasi seperti membenahi talud darurat.

“Bila ada angin kencang, dan gelombang tinggi yang mengancam segera cepat berpindah mengungsi kedaerah agak aman. Kami melakukan upayah sedini mungkin untuk bencana, salah satunya berkordinasi dengan BNPB Kabupaten Kepulauan Talaud agar dapat mengantisipasi situasi yang ada di Desa ruso, torohan yang mudah mengalami bencana abrasi pantai karena talud pengaman pantai belum seluruhnya menjangkau kawasan pantai,” tuturnya.

Sementara itu salah satu warga Desa Tarohan mengapresiasi himbauan tersebut. “Terima kasih kepada aparat dan pemerintah setempat yang sudah mengingatkan kami. Kiranya kita semua dilindungi dari marah bahaya,” singkatnya. (cw-02/ewa)

Artikel Terbaru