29.9 C
Manado
Jumat, 7 Mei 2021
spot_img

SWM Kembalikan Mahkota Talaud Berbalut Berlian

MANADOPOST.ID– Kejaksaan Negeri Kepulauan Talaud kembali menyelamatkan aset daerah Kabupaten Kepulauan Talaud. Diketahui aset yang di selamatkan ini adalah mahkota Talaud yang dibalut dengan berlian yang sebelumnya berada di tangan Bupati sebelumnya Sri Wahyuni Manalip (SWM).

Terpantau sebelum mahkota berlian ini dikembalikan ke aset daerah, dicek dulu keaslian barang di kantor pegadaian tepatnya di Melonguane, Rabu (24/3) sore. Yang di hadiri Kepala Dinas Pariwisata Fanmy Unsong, Kabid Aset, Kasi Pidsus Kejari Kepulauan Talaud Muhammad Amin beserta tim penyelidik.

Kajari Kepulauan Talaud Agustiawan Umar melalui Kasi Pidsus Muhammad Amin didampingi tim penyelidikan kejaksaan menerangkan, berdasarkan surat perintah penyelidikan prin -24/P.1.17/Fd/02/2021 tanggal 03 Febuari 2021.

Bahwa pada hari ini telah dilakukan pengujian mahkota talaud yang diserahkan mantan Bupati Talaud SWM di pegadaian Melonguane asli. “Maka dari itu saya menyampaikan terimah kasih kepada mantan ibu bupati karena sudah bisa mengembalikan barang tersebut,” terangnya.

Diketahui sebelumnya ada dua mahkota Talaud milik Pemkab Talaud yang berada di tangan SWM. Masih ada satu makotah Talaud lagi yang belum dikembalikan mantan Bupati Talaud tersebut.

Terkait hal itu Kasi Pidsus menambahkan, saat ini penyelidikan tetap jalan dan seandainya Mahkota yang satunya lagi tidak di kembalikan proses hukum akan tetap jalan.

“Intinya apa yang menjadi barang milik daerah itu harus di kembalikan. Jika tidak itu ada sangksinya hukumnya, berupa sangksi pidana bisa saja itu penggelapan aset, atau bisa juga di kenakan di pasal 2 atau 3 undang-undang Korupsi. Ini masih berproses dan kita tunggu saja. Dan tetap Kejaksaan pada intinya tetap berkomitmen untuk mengentaskan korupsi di wilayah Talaud,” pungkasnya. (cw-02/ewa)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru